Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 02 Apr 2020 19:30 WIB

Warga Kadung Mudik Duluan, Apa Cara Tepat Lawan Corona?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Presiden Joko Widodo menghimbau masyarakat Indonesia untuk tidak diperkenankan mudik demi mencegah penularan virus corona (COVID-19). Ilustrasi/Foto: Antara Foto
Jakarta -

Sejumlah cara mesti ditempuh agar virus corona tak menyebar ke mana-mana. Apalagi, sebagian warga DKI Jakarta sudah pulang kampung atau mudik.

Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Piter Abdullah menilai, daerah-daerah harus meningkatkan kewaspadaan. Menurutnya, cara yang dilakukan sejumlah daerah untuk mengisolasi pendatang memang perlu dilakukan.

"Sudah terlanjur (mudik), makanya daerah-daerah meningkatkan kewaspadaan, sekarang beberapa daerah sudah menetapkan siapapun yang pulang langsung diisolasi it's good idea harus dilakukan memang," katanya kepada detikcom, Kamis (2/4/2020).

"Jadi sebaiknya daerah-daerah untuk mereka yang baru pulang, baru datang ke suatu daerah harus diisolasi dulu dalam rangka rangka menjaga membawa virus Covid-19," tambahnya.

Sementara, untuk mencegah masyarakat mudik, pemerintah akan memberikan bantuan sosial. Bantuan sosial ini diberikan agar mereka bisa bertahan di tengah wabah virus.

Namun, Piter menilai kebijakan itu sudah tak efektif. Seharusnya kebijakan itu dilakukan sejak awal bersamaan dengan pembatasan pergerakan masyarakat.

Saat ini, kata dia, justru masyarakat sudah melaksanakan mudik.

"(Membendung sisa) Iya tapi bukan masalah sisa ini, kita harus menahan penyebaran virus corona harus bener-bener tuntas, bukan dicicil, ya percuma sisanya yang sudah berangkat duluan, sudah bawa virus," tutupnya.



Simak Video "Dievakuasi Petugas, Pasien Corona di Mamuju Disemangati Warga"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com