Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 03 Apr 2020 13:21 WIB

Telkom Bakal Pangkas 20 Anak dan Cucu Usaha

Anisa Indraini - detikFinance
Illustrasi telkom indonesia Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) akan memangkas atau melakukan restrukturisasi jumlah anak dan cucu perusahaannya. Hal ini dilakukan dalam rangka untuk efisiensi dan fokus bisnis.

Direktur Utama PT Telekomunikasi Indonesia (Persero), Ririek Adriansyah mengatakan ada 20 anak perusahaan yang akan dipangkas jumlahnya hingga tahun depan.

"Di telkom ada sekitar 49 anak dan cucu perusahaan yang terkonsolidasikan ke Telkom. Setelah kita scan ada beberapa yang kurang efisien dan kita mempertimbangkan ke depan Telkom akan seperti apa. Untuk 2020-2021 ini kira-kira akan kita kurangi 20 anak perusahaan," ujar Ririek melalui telekonferensi, Jumat (3/4/2020).

Restrukturisasi tersebut dilakukan dengan melakukan penggabungan usaha (merger) anak usaha. Diharapkan ke depan anak usaha Telkom bisa memberikan value creation sehingga bisa mendukung Telkom dalam melalui evolusi di industri telekomunikasi.

"Ke depan bisa saja buat JV (Joint Venture) baru dengan swasta ke arah digital sehingga nantinya jumlah perusahaan kita kurangi," sebutnya.

Ia optimis pemangkasan anak perusahaannya ini tidak akan berdampak kepada pelayanan terhadap pelanggan. Pemangkasan anak dan cucu usahanya ini juga dinilai tidak akan berpengaruh terhadap pemutusan hubungan kerja (PHK) karyawan.

"Di satu sisi ini akan lebih efisien sehingga nantinya untuk mendapatkan revenue (pendapatan) yang sama sehingga dampak overall (secara keseluruhan) lebih positif. Kita akan selalu jalankan dengan benar dan juga kita meminimalkan adanya PHK karena karyawan akan kita pindahkan ke anak perusahaan lain atau bisa juga ke Telkom," sebutnya.



Simak Video "Bergantung Pada Anak Perusahaan, Erick Thohir Sentil Telkom"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com