Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 03 Apr 2020 15:18 WIB

Disney Rumahkan Lebih dari 75% Karyawannya Gegara Corona

Aulia Damayanti - detikFinance
Disneyland Paris Foto: Disneyland Paris (Andik Setiawan/d'Traveler)
Jakarta -

Walt Disney berencana merumahkan sementara lebih dari 75% dari 223.000 karyawan di divisi Disney Parks, Experiences and Products.

Berarti ada sekitar lebih dari 170.000 karyawan Disney akan dirumahkan sementara mulai 19 April mendatang.

Meskipun dirumahkan, karyawan tetap akan mendapatkan gaji hingga 18 April. Rencana ini terpaksa dilakukan lantaran 12 taman hiburan Disney telah tutup sejak 15 Maret lalu.

Melansir CNN, Kami (3/4/2020), karyawan yang dirumahkan akan mendapatkan jaminan kesehatan dan pendidikan. Selain itu, dapat mengakses bantuan pemerintah seperti tunjangan pengangguran.

Karyawan yang dirumahkan mendapat kesempatan menjadi Imagineers, desainer di Walt Disney Imagineering Research & Development.

Saham Disney (DIS) telah anjlok lebih dari 30% tahun ini. Selain taman yang ditutup, banyak film terbesarnya tahun ini telah tertunda. Acara olahraga di televisi olahraga pertama di dunia, ESPN dimiliki Disney, juga telah disetop sementara.


Pekan lalu, CEO Disney, Bob Chapek, akan mengambil potongan 50% dari gaji pokoknya. Sementara. Komisaris Disney, Bob Iger, berencana tidak mengambil gajinya selama pandemi corona.

Chapek mengungkapkan, Disney tidak bisa memprediksi kapan mereka akan membuka kembali bisnisnya.

"Sementara saya yakin kita akan melewati periode yang menantang ini bersama, kita harus mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mengelola dampak keuangan jangka pendek dan jangka panjang untuk perusahaan," tambah Chapek



Simak Video "Kolaborasi Disney bareng Seniman dan Desainer Indonesia untuk 'Onward'"
[Gambas:Video 20detik]
(ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com