Polling detikcom

Polling detikcom: Corona Masih Mewabah, Mau Mudik atau Nggak?

Dana Aditiasari - detikFinance
Jumat, 03 Apr 2020 15:34 WIB
Poster
Foto: I Wahyono
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan tidak melarang mudik Lebaran tahun ini. Namun, Istana meminta para pemudik itu melakukan isolasi mandiri selama 14 hari.

"Mudik boleh tapi berstatus orang dalam pemantauan. Presiden Joko Widodo menegaskan tidak ada larangan resmi bagi pemudik Lebaran Idul Fitri 2020 M/1441 H. Namun, pemudik wajib isolasi mandiri selama 14 hari dan berstatus orang dalam pemantauan (ODP) sesuai protokol kesehatan (WHO) yang diawasi oleh pemerintah daerah masing-masing," kata juru bicara Presiden Joko Widodo (Jokowi), Fadjroel Rachman, dalam keterangan tertulis, Kamis (2/4/2020) lalu.

Ketidaktegasan pemerintah ini dikhawatirkan bakal memperparah kondisi penyebaran virus corona di Indonesia. Sehingga, ujung-ujungnya akan membuat bengkak pengeluaran pemerintah demi menyelesaikan wabah tersebut.

"Saya khawatirkan biaya yang dikeluarkan akibat ketidaktegasan ini akan lebih besar, apalagi buat biaya kurasi atau pengobatan yang sudah pasti akan membengkak terutama di pedesaan," ujar Direktur Eksekutif Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Mohammad Faisal kepada detikcom, Kamis (2/4/2020).

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas juga punya pandangan senada. ia menyebut mudik atau pulang kampung saat pandemi virus Corona (COVID-19) hukumnya haram. Anwar mengkhawatirkan penularan virus dari satu daerah ke daerah lain.

"Tapi kalau dia mudik dari daerah pandemi wabah ke daerah lain, itu tidak boleh karena diduga keras dia akan bisa menularkan virus tersebut kepada orang lain, apalagi virusnya menular dan sangat berbahaya. Dan tetap melakukannya berarti yang bersangkutan telah melakukan sesuatu yang haram," " ujar Anwar dalam keterangan tertulisnya, Jumat (3/4/2020).

Meski demikian, tak bisa dipungkiri banyak warga perantau di Jakarta yang hidupnya sangat bergantung pada pendapatan harian sehingga bila mata pencahariannya hilang mereka terpaksa mudik.

Bagaimana dengan pembaca detikcom. Corona masih mewabah, pilih mudik atau nggak?

Isi jawaban Anda dengan memilih 'Mudik' atau 'Tidak Mudik, di kolom komentar. Jangan lupa isi juga alasan di kolom komentar ya. Polling akan dibuka sampai Sabtu besok pukul 15.00 WIB.



Simak Video "Warga Solo Silaturahmi ke Kerabatnya yang Dikarantina"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/ang)