Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 03 Apr 2020 16:34 WIB

Cara Daftar di prakerja.go.id, untuk Dapat Kartu Pra Kerja

Puti Yasmin - detikFinance
kartu pra kerja Daftar Kartu Pra Kerja di prakerja.go.id/Foto: Fuad Hasim/Tim Infografis
Jakarta -

Kartu Pra Kerja merupakan salah satu program pemerintah guna mendorong perekonomian. Untuk mendapatkan kartu tersebut, seseorang harus mendaftarkan diri terlebih dahulu di laman prakerja.go.id.

Rencananya, kartu Pra Kerja akan dirilis pada April ini untuk mendongkrak perekonomian yang tengah terkena imbas dari pandemi virus corona. Pemilik kartu juga diwajibkan untuk mengikuti pelatihan yang disediakan secara tatap muka maupun online.

Dengan memiliki kartu Pra Kerja, akan mendapatkan manfaat sebesar Rp 3.550.000 yang terdiri dari bantuan pelatihan sebesar Rp 1.000.000, insentif penuntasan pelatihan Rp 600.000 per bulan selama empat bulan, dan insentif survei kebekerjaan Rp 150.000

"Manfaat yang diterima totalnya Rp 3.550.000 per peserta," terang Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto dalam konferensi pers virtual, Rabu (1/4/2020).

Cara Pendaftaran di prakerja.go.id:

1. Cara Daftar

Pendaftaran kartu Pra Kerja dilakukan di situs prakerja.go.id dan didampingi oleh petugas pengantar kerja dari Disnaker. Calon pendaftar diminta untuk mengisi data sesuai dengan informasi sebenarnya.

Setelah berhasil login, calon pendaftar akan menjalani seleksi. Penyaringan ini akan dilakukan berdasarkan verifikasi data, hasil tes, seperti kemampuan dasar dan motivasi, serta kuota yang tersedia.

Terakhir, calon pendaftar yang lolos dapat memilih jenis pelatihan yang diinginkan di website prakerja.go.id. Penerima kartu Pra Kerja juga akan mendapatkan uang saku melalui rekening bank atau e-wallet serta sertifikat sebagai modal kerja ke depannya.

2. Syarat

Ada persyaratan yang mesti dipenuhi calon pendaftar sebelum melakukan pendaftaran. Pertama, calon pendaftar harus berusia minimal 18 tahun dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal.

Kemudian, calon pendaftar merupakan lulusan SMA/SMK dan perguruan tinggi. Terakhir, yang boleh mendaftar di prakerja.go.id adalah masyarakat yang mengalami PHK, dan pegawai yang ingin menambah keterampilan dalam bekerja



Simak Video "Pendaftar Kartu Pra Kerja Tembus 8,4 Juta Orang"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com