Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 03 Apr 2020 21:55 WIB

Bakal Ada Alat Tes Corona 'Massal', Ini Kemampuannya

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Direktur Utama Inalum Budi Gunadi Sadikin Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Kementerian BUMN menyatakan akan mendatangkan alat penguji virus corona ke Rumah Sakit Pertamina Jaya Jakarta, Sabtu besok (4/4/2020). Alat ini mampu menjalankan 130 hingga 1.400 tes corona per hari.

Demikian disampaikan Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin dalam rapat kerja online dengan Komisi VI, Jumat (3/4/2020).

"Insya Allah hari Sabtu besok akan datang 1 mesin besar akan dipasang di Rumah Sakit Pertamina Jaya dengan kapasitas 130-1400 tes per hari," ujarnya.


Budi juga menuturkan, pada minggu depan akan datang 10 mesin penguji virus corona dari Swiss. Alat ini mampu menguji 1.000 tes per hari.

"Minggu depan akan datang lagi 10 mesin dari Swiss di mana kapasitasnya masing-masing 1.000 tes per hari, dan rencananya kami akan didistribusikan ke rumah sakit-rumah sakit BUMN di kota-kota di mana terjadi outbreak virus ini," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Budi menyampaikan, sesuai arahan Menteri BUMN Erick Thohir, rumah sakit BUMN akan bekerja sama dengan rumah sakit daerah dan swasta.

"Dengan demikian alat-alat tes tersebut bisa dimanfaatkan kota tersebut. Dan atas arahan Menteri BUMN, Pak Erick kami diminta kerja sama dengan lab dan rumah sakit daerah dan swasta di kota tersebut," tutupnya.



Simak Video "Pasien Corona di Mamuju Kabur: Dijemput Petugas, Dilawan Keluarga!"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com