Pengusaha Mal Minta Karyawan Diberikan Kartu Pra Kerja

Anisa Indraini - detikFinance
Minggu, 05 Apr 2020 18:30 WIB
kartu pra kerja
Ilustrasi/Foto: Fuad Hasim/Tim Infografis
Jakarta -

Pengusaha mal merupakan salah satu yang bisnisnya terpukul di tengah serangan virus corona (COVID-19). Sejumlah mal sudah mulai menutup sebagian tokonya sehingga karyawan terpaksa harus dirumahkan.

Ketua Umum Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) Budihardjo Iduansjah meminta pemerintah agar karyawan yang dirumahkan diberikan insentif berupa kartu pra kerja.

"Kami harapkan dari pemerintah untuk sektor tenant dan ritel ini kartu pra kerja bisa diberikan ke karyawan kami yang kami dirumahkan sementara ini," kata Budi kepada detikcom, Minggu (5/4/2020).

Hal itu dikarenakan pengusaha sudah tidak punya pendapatan. Jika kondisi masih seperti ini dalam jangka lama, kemungkinan perusahaan tidak bisa memberikan gaji karyawan.

"Maret kita masih bisa kasih (gaji) tapi nggak tahu ke depannya kalau masih begini, kalau nggak ada kas. Niat ngasih mau, tapi dananya nggak ada ya bingung," sebutnya.

"Banyak yang menyatakan utang dulu sama karyawan, banyak. Macam-macam pembicaraan dengan karyawan dan rata-rata karyawan mengerti karena kondisinya seperti ini," tambahnya.



Simak Video "Api Masih Membara di Mal Panakkukang Makassar Selama 11 Jam"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)