Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 06 Apr 2020 06:30 WIB

Harga Emas Masih Bisa Sampai Rp 1 Juta/Gram, Kapan Harus Jual?

Trio Hamdani - detikFinance
Hari ini, harga emas batangan Logam Mulia milik PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) turun Rp 1.000 per gram dibandingkan kemarin. Ini juga mempengaruhi harga pembelian kembali (buyback). Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Harga emas berkali-kali tembus rekor tertinggi di saat terjadinya pandemi corona. Hal itu terjadi ketika instrumen investasi lainnya tertekan oleh wabah corona. Lantas apakah sekarang waktu yang tepat untuk menjual logam mulia tersebut?

Ekonom Institute for Development of Economics & Finance (INDEF) Bhima Yudhistira menilai justru sekarang waktu yang pas untuk tetap melanjutkan investasi emas.

"Kalau menurut saya ini ada tren yang memang saat yang tepat untuk melakukan pembelian emas secara besar-besaran gitu," kata dia saat dihubungi detikcom, Minggu (5/4/2020).

Menurutnya emas dianggap sebagai komoditas investasi yang aman di tengah kepanikan masyarakat terhadap virus Corona. Kepanikan tersebut memicu naiknya harga emas.

"Harga emas memang dipengaruhi beberapa faktor ya. Pertama kan memang kepanikan ya. Kepanikan investor di hampir seluruh dunia untuk menyimpan asetnya di emas ya karena dianggap aman gitu," jelasnya.

Bhima juga menilai harga emas yang sudah tinggi akan sulit kembali ke harga sebelumnya. Jadi walaupun misalnya nilai dari emas turun tidak akan terlalu signifikan.


"Kemudian emas itu kalaupun turun susah kembali ya. Misalkan ke level satu tahun yang lalu. Jadi kalau turun pun ada koreksi, koreksinya tidak terlalu dalam. Jadi trennya memang harga emas akan terus mengalami kenaikan," tambahnya.

Kenapa jangan segera menjual emas?

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Imbas Perang Dagang AS-China, Harga Emas Antam Melambung Tinggi"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com