Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 06 Apr 2020 16:51 WIB

Updated

DPR Usul ke Edhy Prabowo Tambah Dana Realokasi KKP

Soraya Novika - detikFinance
Edhy Prabowo Foto: Kementerian Kelautan dan Perikanan
Jakarta -

Komisi IV DPR RI menggelar rapat kerja (raker) secara virtual dengan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo untuk membahas tindak lanjut Inpres Nomor 4 Tahun 2020 tentang refocusing kegiatan, realokasi anggaran, serta pengadaan barang dan jasa dalam rangka Percepatan Penanganan virus corona atau COVID-19. Dalam raker itu anggota DPR meminta Edhy untuk dapat memangkas pagu anggaran seluruh eselon di kementeriannya (KKP) agar dapat dialihkan menjadi dana bantuan sosial di tengah impitan virus corona.

"Apresiasi ke Pak Menteri terkait alokasi anggaran kurang lebih sekitar Rp 300 miliar, memang tadi saya sepakat, relokasi anggaran itu saya lihat ini baru dari 3 eselon 1, tolong pak menteri menyisir lagi, eselon-eselon mana yang memungkinkan disisir, sehingga anggaran ini bisa terus bertambah lagi, sehingga penggunaan dana untuk COVID-19 ini betul-betul tepat sasaran, dan juga kita harapkan dampaknya bisa sangat dirasakan khususnya bagi para nelayan dan pihak-pihak lain di perikanan," ucap Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi Demokrat Suhardi Duka, Senin (6/4/2020).


Selain itu, Suhardi berharap dana yang sudah dihimpun dari para eselon itu dapat dirinci sumber dan penyalurannya demi transparansi bersama.

"kedua kita berharap ada rincian dari pak menteri ini untuk relokasi anggaran ini dari mana saja dan ke mana saja, sehingga kita tau betul," pungkasnya.

Di sisi lain, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Hasan Aminuddin berharap jumlah alokasi bantuan dari pagu anggaran eselon 1 ini dapat ditambah hingga Rp 300 triliun, sehingga manfaatnya bisa dirasakan lebih banyak nelayan yang terdampak.

"Saya usulkan Pak Menteri agar relokasi itu pada semua Eselon 1, sehingga saya menghendaki dari Rp 300 miliar itu bisa jadi Rp 300 triliun," ujar Hasan.

Berita ini sekaligus meralat berita yang sempat naik sebelumnya dengan judul DPR Minta Edhy Prabowo Pangkas Gaji Eselon.



Simak Video "Blak-blakan Edhy Prabowo: Saya Akan Buat Jokowi Bangga"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com