Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 06 Apr 2020 19:10 WIB

DPR dan Edhy Prabowo Gelar Rapat Virtual, Ini Hasilnya

Soraya Novika - detikFinance
Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo Foto: Twitter @Edhy_Prabowo
Jakarta -

Rapat kerja virtual antara Komisi IV DPR RI dan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo. Rapat ini dimulai sekitar pukul 10.00 dan rampung sekitar pukul 13.30 WIB.

Kesimpulan rapat dibacakan oleh Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin selaku pimpinan rapat, Senin (6/4/2020). Adapun kesimpulan rapat, pertama, Komisi IV DPR RI menerima penjelasan refocusing kegiatan dan realokasi anggaran Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Tahun 2020 sebagaimana amanat Inpres Nomor 4 Tahun 2020, untuk memenuhi ketersediaan pangan nasional.

Kedua, Komisi IV DPR RI mendorong KKP untuk melakukan peningkatan anggaran pada program Bansos atau Bantuan Pemerintah kepada masyarakat, terutama nelayan, pembudidaya ikan, petambak garam, dan pengolah-pemasar hasil perikanan yang terkena dampak COVID-19 sebesar Rp 600 miliar equivalent 10% dari Pagu Anggaran Kementerian Kelautan dan Perikanan Tahun 2020.


Ketiga, Komisi IV DPR RI mendorong KKP memprioritaskan program-program untuk menyangga produksi komoditas perikanan dan pergaraman dalam memenuhi kebutuhan pangan nasional, terutama ikan serta memberikan paket stimulus ekonomi di sektor kelautan dan perikanan, seperti kemudahan restrukturisasi pinjaman kepada UMKM, Unit Pengolahan Ikan (UPI), eksportir, serta masyarakat yang terkena dampak COVID-19 dalam rangka pemulihan ekonomi.

Keempat, Komisi IV DPR RI meminta Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk segera memberikan usulan anggaran refocusing kegiatan dan realokasi anggaran, sebelum rapat kerja tanggal 13 April 2020.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com