160.000 Lebih Korban PHK di Jakarta Siap Dapat Insentif

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 07 Apr 2020 04:33 WIB
Ilustrasi PHK
Foto: Ilustrasi PHK (Tim Infografis: Zaki Alfarabi)
Jakarta -

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus mendata masyarakat yang terdampak oleh serangan virus corona. Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi sendiri telah mendata pekerja yang terkena PHK karena corona untuk diberikan insentif.

Dari data yang dikumpulkan, sudah ada 162.416 orang yang terkena PHK. Menurut Kepala Disnakertrans DKI Jakarta Andriyansyah, data tersebut diambil dari para pekerja yang mendaftarkan diri hingga 4 April lalu.

"Kita udah data pekerja yang kena PHK ataupun dirumahkan, nanti kita berikan bantuan kepada masyarakat. Yang tadinya kerja jadi nggak kerja dan yang tadinya dapat penghasilan jadi nggak dapat penghasilan," kata Andriyansyah kepada detikcom, Senin (6/4/2020).

Rinciannya, dari data yang dihimpun Disnakertrans, ada 132.279 orang pekerja yang dirumahkan oleh 14.697 perusahaan. Lalu ada 3.348 perusahaan yang melakukan PHK terhadap 30.137 orang pekerja.

Ratusan ribu orang ini, menurut Andriyansyah akan mendapatkan bantuan mulai dari lewat kartu pra kerja, hingga bantuan sosial. Namun, dia mengaku tidak tahu besarannya berapa dan pembagiannya seperti apa, dia mengatakan hanya ditugaskan untuk menghimpun data dari masyarakat.


"Kalau bantuannya bisa kartu pra kerja, bisa juga bantuan sosial. Kita sih tugasnya hanya mengumpulkan, tapi data itu masih banyak, masih ada dari dinas lain yang mengumpulkan," jelas Andriyansyah.

Sebelumnya, memang beberapa warga DKI Jakarta akan diberikan bantuan sosial di tengah wabah corona. Bahkan ini merupakan permintaan Presiden Joko Widodo, ada berapa orang yang dapat?

Selanjutnya
Halaman
1 2