Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 07 Apr 2020 09:28 WIB

Fakta Rumah Sakit BUMN Jadi Rujukan Pasien Corona

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Pembangunan rumah sakit darurat untuk penanganan pasien Corona dilakukan di berbagai negara dunia. Hal itu jadi salah satu strategi untuk lawan pandemi COVID-19. Ilustrasi/Foto: AP Photo
Jakarta -

Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan, pihaknya menyiapkan sejumlah rumah sakit untuk menangani pasien virus corona. Salah satunya ialah Rumah Sakit Pertamina Jaya di Cempaka Putih, Jakarta.

Erick mengatakan, rumah sakit ini nantinya akan dilengkapi laboratorium. Laboratorium juga akan dilengkapi alat penguji virus corona yang mampu melakukan pengujian sampai 1.000 lebih per hari.

"Yang menarik dari rumah sakit ini Cempaka Putih ini nanti ada lab-nya, kita BUMN sedang mengadakan hampir 10 lab yang sudah siap yang per hari bisa ngetes 1.000 lebih. Di mana salah satu yang terinstall kita harapkan minggu ini di rumah sakit ini," ujarnya dalam teleconference, Senin (6/5/2020).

Dia mengatakan, 9 lab lainnya akan disebar ke sejumlah daerah yang benar-benar memerlukan alat uji tersebut.

"Kalau nanti ini benar-benar berjalan akan kita distribusikan juga ke daerah seperti Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat dan daerah lainnya," ujarnya.

Sementara itu, ia menuturkan, BUMN memiliki 65 rumah sakit. Sebanyak 35 rumah sakit di antaranya siap menangani pasien corona.

"Memang BUMN mempunyai 65 rumah sakit di mana 35 rumah sakit kita sekarang sudah buat Covid-19," terangnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Rusia Bangun Rumah Sakit Khusus Pasien Corona"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com