Sudah 90%, Begini Kesiapan Rumah Sakit Pertamina untuk Tangani Corona

Yudistira Imandiar - detikFinance
Selasa, 07 Apr 2020 16:01 WIB
Pertamina
Foto: Pertamina
Jakarta -

Pertamina tengah menyiapkan rumah sakit darurat di Hotel Patra Jasa Jakarta, serta menjadikan Rumah Sakit Pertamina Jaya (RSPJ) sebagai rumah sakit rujukan pasien corona. Pertamina menyediakan 700 tenaga medis untuk pelayanan di kedua lokasi tersebut.

Direktur SDM Pertamina Koeshartanto mengatakan, penyediaan rumah sakit penanganan pasien virus Covid-19, merupakan pelaksanaan mandat dari Kementerian BUMN kepada Pertamina, untuk berperan aktif dalam penanganan virus Covid-19 di Indonesia.

"Pertamina menyediakan dua asset Pertamina yakni RS Pertamina Jaya (RSPJ) dan Hotel Patra Comfort, yang letaknya persis bersebelahan di daerah Jakarta Pusat untuk dialihfungsikan menjadi RS Khusus untuk penanganan pasien Covid-19," ujar Koeshartanto dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Selasa (7/4/2020).

Ia menambahkan, sejak menerima mandat dari Kementerian BUMN, Pertamina langsung bekerja dengan melakukan pembangunan dan rehab sarana dan prasarana, penyediaan alat kesehatan, serta rekrutmen SDM untuk tenaga medis. Selain itu, Pertamina juga telah menyiapkan 52 kamar hotel untuk akomodasi para tenaga medis.

"Selama tiga pekan pengerjaan sarana rumah sakit darurat dan rumah sakit rujukan, (proses) sudah mencapai sekitar 90%. SDM juga sudah kita siapkan 700 lebih tenaga medis dan tenaga pendukung yang telah diproses melalui rekrutmen dan juga mendayagunakan SDM yang ada di RSPJ," imbuh Koeshartanto.

Direktur Utama Indonesian Healthcare Corporation (IH) Dr Fathema menerangkan, bangunan ruang rawat dengan 90 bed modular telah tersedia di arena hotel Patra Jasa. Sementara itu, proses rehab dilakukan di ruang tempat tidur setingkat intensive Care Unit (ICU) dan Non ICU, laboratorium diagnostic, radiologi serta ruang IGD serta fasilitas pendukung lainnya di RSPJ.

"Perbaikan area lantai 2 dan 3 sebanyak 48 ruang di RSPJ meliputi pekerjaan arsitektur, plumbing, gas medis, elektrikal, elektronika dan pengadaan instalasi AHU," imbuh Dr Fathema.

Seluruh ruang kamar di RSPJ akan difungsikan khusus untuk menangani pasien Covid-19. Pertamina menyiapkan sebanyak 65 kamar isolasi dengan negative pressure untuk merawat pasien positif Covid-19.

Fasilitas kesehatan yang disiapkan baik di Rumah Sakit Darurat Covid-19 Hotel Patra Jasa dan RSPJ mengikuti standar yang ditetapkan WHO. Khusus untuk laboratorium, sudah tersedia alat test dari Roche yang mampu melakukan tes 1300 sampel setiap harinya.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir melakukan pengecekan seluruh fasilitas kesehatan termasuk tenaga medis untuk memastikan kesiapan merawat pasien Covid-19, Senin (6/4/2020) lalu.

"Kami di Kementerian BUMN terus berperan aktif membantu menangani pasien Covid-19 serta melakukan upaya-upaya pencegahan penyebarannya. Untuk menangani Covid-19 ini, tes menjadi sangat penting, minggu ini mesin untuk memproses hasil tes Covid-19 di RSPJ dapat segera digunakan. Mesin yang sanggup membaca lebih dari 1.300 tes per hari itu merupakan bentuk sinergi dari sejumlah BUMN," jelas Erick.

Selain mengoptimalkan 65 Rumah Sakit BUMN di seluruh Indonesia, menyiapkan infrastruktur RS darurat khusus Covid-19, BUMN secara bahu membahu sudah melakukan beberapa kegiatan, di antaranya santunan untuk tenaga kesehatan, distribusi alat kesehatan yang dibutuhkan seperti masker, APD, hand sanitizer ditambah lagi bantuan sembako untuk mereka yang terdampak.



Simak Video "Kesiapan RS Pertamina Jadi Rumah Sakit Rujukan Pasien Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/fdl)