Respons Pengusaha ke Rencana Anies Perpanjang WFH di Jakarta

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 07 Apr 2020 18:30 WIB
Imbauan untuk kurangi aktivitas di luar rumah membuat lalin di Jakarta kini lengang. Imbauan itu turut berkontribusi pada perbaikan kualitas udara di ibu kota.
Foto: AP Photo
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerbitkan Surat Edaran Nomor 20/SE/2020 tentang Perpanjangan Himbauan Bekerja Dari Rumah (Work From Home). Dengan ini, Anies memperpanjang imbauan untuk menutup kantor di tengah wabah Corona.

Pengusaha pun menyambut baik kebijakan ini, Ketua Umum Kamar Dagang Industri (Kadin) Indonesia Rosan Roeslani, menegaskan dunia usaha akan mendukung penuh keputusan Pemprov. Dia menilai bahwa ini keputusan yang benar.

"Menurut kami kalau work from home diperpanjang, ini adalah keputusan yang benar dan baik. Kami akan lakukan," jelas Rosan kepada detikcom, Senin (6/4/2020).
Bahkan, Rosan juga mengatakan kalau memang perlu diperpanjang masa WFH di Jakarta, dunia usaha pun siap untuk melakukannya.

Dia juga menilai dunia usaha makin terbiasa dengan program kerja dari rumah yang sudah dilakukan karena anjuran social distancing di tengah wabah Corona.

"Dunia usaha sudah terbiasa kok lama-lama work from home. Laporan teman-teman Kadin dan asosiasi lain juga sudah semua lakukan WFH," jelas Rosan.

Rosan mengatakan justru kini pekerjaan makin efisien dengan adanya program kerja dari rumah. Belum lagi memang saat ini di tengah lesunya dunia usaha tidak banyak hal yang mesti dikerjakan di kantor.

"Saya rasa justru makin efisien deh kerja kita. Supply dan demand juga mengalami penurunan, kita ya moodnya bertahan aja dulu," kata Rosan.

Sementara itu, dari data Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi DKI Jakarta hingga Senin (6/4/2020), sudah tercatat 3.290 perusahaan yang memberlakukan kebijakan WFH. Dari jumlah perusahaan di atas, totalnya ada 1.194.187 tenaga kerja yang bekerja dari rumah.



Simak Video "Tips Work From Home Tetap Menyenangkan Versi Cowok"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)