Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 07 Apr 2020 18:36 WIB

Masyarakat Bakal Bisa Pesan Beras Langsung dari Petani via Ojol

Anisa Indraini - detikFinance
panen padi Ilustrasi/Foto: Charoline Pebrianti
Jakarta -

Kementerian Pertanian (Kementan) memprediksi produksi beras bulan April mencapai 5,27 juta ton dari luas lahan sebesar 1,73 juta hektare (ha). Panen diperkirakan masih akan berlanjut sampai Mei yang mencapai 3,81 juta ton beras dari luas lahan 1,38 juta ha.

Untuk menjaga kestabilan harga di saat panen raya, Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian (Kementan) Suwandi akan mendorong penggilingan padi memanfaatkan fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang disediakan pemerintah lewat sistem Komando Strategi Penggilingan Padi (Kostraling).

Dengan begitu, para penggiling padi memiliki dana untuk bisa membeli gabah petani. Adapun realisasi penyaluran KUR khusus untuk penggilingan padi dari awal tahun hingga 3 April 2020 mencapai Rp 3 triliun dari total penyaluran KUR untuk subsektor tanaman pangan sebesar Rp 4 triliun.

"Jadi realisasi kredit KUR tanaman pangan itu 75% untuk padi dan penggilingan, sehingga para penggilingan punya modal cukup untuk membeli gabah petani dengan harga yang bagus," sebutnya.

Dalam waktu dekat para penggiling konstraling juga ditargetkan bisa bekerja sama dengan beberapa jasa pengiriman online seperti startup hingga ojek online (ojol). Dengan begitu, hasil produksi bisa dikirimkan langsung ke masyarakat.

"Ini dalam proses, dalam waktu dekat akan MoU," sebutnya.

Selain itu, Suwandi bilang, pihaknya akan memberikan bantuan benih gratis agar petani yang sedang panen bisa langsung melakukan musim tanam kedua. Sebab, pada bulan April masih terdapat pasokan air yang sangat memadai untuk penanaman.

"Untuk menurunkan losses, sudah disalurkan berbagai alat bantuan pascapanen, termasuk rice milling unit," ujarnya.



Simak Video "Lewat ATM Beras, Kementan Jangkau 1.000 KK Per Hari"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com