Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 08 Apr 2020 11:30 WIB

Alat Tes Kilat Virus Corona dari Swiss Mendarat di RI

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
ilustrasi corona Foto: ilustrasi corona
Jakarta -

Kementerian BUMN mendatangkan alat tes kilat polymerase chain reaction (PCR) untuk mendeteksi virus Corona. Alat ini didatangkan langsung dari Swiss, bekerja sama dengan perusahaan Roche Holding AG.

"Sekitar 3 minggu lalu kita berhasil negosiasi laboratorium di Eropa di Swiss, dengan Roche. Kita berhasil negosiasi dan beli alat," jelas Staf khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga, lewat rilis video BNPB, Rabu (8/4/2020).

Arya menjelaskan ada dua alat yang dibeli Kementerian BUMN, pertama ada dua buah alat MagNa Pure 96 dan ada juga 18 buah LightCycler PCR detector. Alat-alat ini sudah sampai di Indonesia sejak Sabtu lalu.

Kapasitasnya masing-masing alat mampu melakukan 500 tes per hari. Jadi kalau ditotal apabila alat ini sudah bisa dipasang semua, Arya mengatakan mampu melakukan 10 ribu tes per hari.

"Sabtu lalu datang ke Indonesia, detailnya ada 2 buah MagNa Pure 96 ini automatic test RNA untuk ekstraktor. Ini dua buah ini dia bisa untuk tes RNA bisa seribu per hari. Lalu ada 18 buah, namanya LightCycler untuk detektor PCR ini kapasitasnya mencapai 500 tes per hari," papar Arya.

"Maka dengan alat ini kalau sudah terinstal semua seharinya bisa 9-10 ribu hasil tes," pungkasnya.

Arya menjelaskan alat-alat ini akan disebar ke banyak provinsi di Indonesia. Mulai dari Jakarta, Jawa Barat, hingga ke Papua. Paling lambat selama dua minggu.

"Alat ini akan disebar ke beberapa provinsi, ada di Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Lampung, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan dan Papua," jelas Arya.

"Akan secepatnya disebar, di daerah akan dikirim secepatnya dalam tempo dua minggu," tambahnya.



Simak Video "Pasien Corona di Mamuju Kabur: Dijemput Petugas, Dilawan Keluarga!"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com