Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 08 Apr 2020 19:30 WIB

250 Ribu Ton Gula Segera Disebar ke Pasar

Muhammad Iqbal - detikFinance
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo hadir dalam rapat bersama Komisi IV DPR. Rapat itu membahas program kerja Kementan 5 tahun ke depan. Mentan Syahrul Yasin Limpo/Foto: Lamhot Aritonang
Serang -

Kementerian Pertanian (Kementan) segera menggelontorkan 250 ribu ton gula ke pasar dalam negeri. Pendistribusian gula konsumsi itu berasal dari pabrik di Banten yang telah diberikan kewenangan oleh pemerintah untuk menggarap gula konsumsi.

Pendistribusian gula dari pabrik ke pasar dilakukan mulai besok. Kementan berharap pendistribusian itu dapat menekan harga gula yang saat ini belum stabil.

"Yang kita persiapkan besok ada 250 ribu ton yang akan dalam waktu singkat ini sudah bisa diedarkan di lapangan," kata Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat meninjau produksi gula di PT Angels Product, di Serang, Rabu (8/4/2020).

Kementan menggelontorkan gula ke pasar setelah melihat hasil produksi beberapa pabrik gula rafinasi yang ada di Banten. 4 pabrik gula rafinasi di Banten diberi tugas untuk memproduksi gula konsumsi yang bakal diedarkan ke seluruh Indonesia.


"Oleh karena itu setelah melihat kesiapan angels product yang ada ini bersama ownernya kelihatannya memang kesiapan kita cukup," kata Syahrul.

"Artinya kendali kesiapan bahan baku gula pasir kita, gula putih kita bisa siapkan dan tidak sepenuhnya tergantung impor yang kita harapkan juga segera masuk," ujarnya.

Bila impor gula tiba dan kesiapan produkai dalam negeri telah siap didistribusikan ke pasar. Kementan berharap ketersediaan gula dapat menekan harga.

"Kalau kesiapan dalam negeri kita lakukan kemudian impor juga sesuai dengan target yang ada bisa masuk maka sudah lebih dari yang ada," kata dia.



Simak Video "Hadapi Corona, Stok Beras RI Selama Ramadhan Lebih dari Cukup"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com