3 Hal yang Wajib Dilakoni Peritel di Kala Corona

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 09 Apr 2020 16:37 WIB
Toko ritel Tommy Soeharto
Ilustrasi Toko Ritel (Foto: Trio Hamdani-detikFinance)
Jakarta -

Di tengah wabah virus Corona, industri ritel khususnya ritel makanan memainkan peran penting dalam masyarakat. Khususnya untuk tetap menyiapkan bahan pokok bagi masyarakat.

Bahkan, menurut lembaga konsultan McKinsey, ritel dinilai menjadi tulang punggung rantai makanan di tengah wabah. Untuk itu ritel diminta tetap beroperasi dan bisa memberikan pelayanan maksimal untuk masyarakat.

"Sebagai peritel makanan, Anda adalah tulang punggung rantai pasokan makanan," kata McKinsey dalam laporannya, dikutip Kamis (9/4/2020).

Jaga Kebersihan
McKinsey menyarankan beberapa hal agar industri ritel tetap bisa beroperasi dengan baik di tengah pandemi. Hal pertama yang harus dilakukan adalah menjaga karyawan dan konsumen dari virus Corona.

Peritel harus meningkatkan kebersihan di tokonya dan juga membatasi kontak manusia sebanyak mungkin. Kalau perlu menggunakan sebanyak mungkin teknologi, misalnya meminimalkan pembayaran uang tunai dan menggantinya dengan barcode atau semacamnya.

"Beberapa peritel telah mengambil tindakan pencegahan ekstra, seperti menempatkan tenda plastik di sekitar kasir," tulis laporan McKinsey.

Jeli Membaca Kebutuhan Masyarakat

Peritel juga diminta untuk bisa melihat kebutuhan apa yang banyak diminta masyarakat. Selain dapat menyiapkan kebutuhan masyarakat hal ini bisa memberikan keuntungan untuk peritel karena barangnya akan laku keras.

McKinsey mengatakan para peritel harus bisa meluangkan banyak rak di tokonya untuk barang yang permintaannya melonjak.

"Terus mengikuti perkembangan apa yang terjadi di tingkat lokal secara terperinci akan memungkinkan peritel untuk bertindak secara tepat dan bertindak cepat," tulis McKinsey.

Kembangkan Layanan Belanja Online

Sementara itu, di tengah wabah pandemi banyak kebiasaan hidup sosial yang berubah. Peritel harusnya bisa mengikuti hal tersebut. Misalnya, pandemi ini telah membuat masyarakat bekerja jarak jauh hingga melakukan belanja online.

Ritel harus mengatasi tantangan jangka pendek hari ini, mereka harus meluangkan waktu untuk memikirkan kembali model bisnis mereka untuk menjadi lebih efisien.

Salah satu yang disarankan McKinsey adalah mempercepat perubahan cara belanja, pengusaha ritel saat ini diminta harus mempercepat investasi untuk pengalaman belanja online.



Simak Video "Bertambah 4.071, Kasus Covid-19 di Indonesia Mencapai 252.923"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)