Belasan Orang RI Masuk Daftar Terkaya Dunia, Ini Bisnisnya

Anisa Indraini - detikFinance
Kamis, 09 Apr 2020 19:06 WIB
10 Daftar Orang Terkaya RI
Foto: Tim Infografis: Mindra Purnomo
Jakarta -

Orang-orang bisa tajir melintir hingga dinobatkan sebagai orang terkaya di Indonesia tentu bukanlah proses yang instan. Setidaknya ada 15 orang Indonesia yang masuk dalam daftar orang terkaya dunia tahun 2020 versi Forbes.

Dari 15 orang miliarder tersebut, beberapa di antaranya merupakan pengusaha sukses yang perusahaanya sangat besar di Indonesia.

Ada yang bisnis memproduksi rokok, membuat kayu, hingga pupuk. Dari banyaknya bisnis mereka, mungkin salah satunya bisa Anda contek.

Mau tahu siapa saja dan apa saja bisnisnya? detikcom merangkumnya berdasarkan data Forbes:

Hartono Bersaudara

Budi Hartono dan Michael Hartono merupakan kakak beradik yang menduduki puncak orang terkaya di Indonesia selama 12 tahun berturut-turut terhitung sejak 2008.

Budi Hartono menjadi posisi pertama orang terkaya asal Indonesia dengan harta US$ 13,6 miliar atau setara Rp 217,6 triliun (kurs Rp 16.000/US$), sedangkan Michael Hartono posisi kedua dengan harta US$ 13 miliar atau setara Rp 208 triliun.

Sumber kekayaannya berasal dari PT Djarum atau Djarum Group, sebuah konglomerasi yang menggarap banyak lini usaha di berbagai bidang. Beberapa tahun terakhir Djarum Group telah bergerak ke sektor ritel online yang tumbuh cepat, mengakuisisi Kaskus, Infokost, Blibli, hingga Bolabob, Mindtalk, DailySocial, Kincir, dan Opini.

Selain itu, kekayaannya juga bersumber dari Bank Central Asia (BCA) yang sebagian sahamnya dibeli saat setelah krisis keuangan Asia pada tahun 1998.

Sri Prakash Lohia

Pria imigran asal India ini menjadi posisi ketiga orang terkaya asal Indonesia yang mengantongi harta US$ 4,3 miliar atau setara Rp 68,8 triliun. Kekayaannya bersumber dari bisnis pembuat benang pintal yang didirikan tahun 1976 di Purwakarta, Jawa Barat, yaitu Indorama.

Hidupnya semakin sejahtera setelah perusahaannya itu memutuskan untuk memproduksi polyethylene terephtalate (PET) yang digunakan untuk produksi botol minuman plastik seperti Coke dan Pepsi.

Perusahaan juga telah menjadi pembangkit tenaga listrik petrokimia yang membuat produk industri termasuk poliolefin pupuk, bahan baku tekstil dan sarung tangan medis.

Dato Sri Tahir

Pengusaha Dato Sri Tahir tercatat mengantongi harta US$ 4,1 miliar atau setara Rp 65,6 triliun. Jumlah kekayaan itu membawanya menjadi orang terkaya keempat di Indonesia.

Ia terkenal sebagai pendiri Grup Mayapada, sebuah konglomerasi yang menggarap banyak lini usaha di berbagai bidang. Mulai dari perbankan, rumah sakit dan yang paling menonjol adalah real estate.

Tahir juga dikenal sebagai sosok miliarder yang sangat dermawan. Melalui yayasan Tahir Foundation, orang kaya di Indonesia ini telah menunjukkan kiprahnya di bidang amal.

Prajogo Pangestu

Orang terkaya kelima di Indonesia memiliki kekayaan US$ 3,5 miliar atau setara Rp 56 triliun. Salah satu sumber kekayaannya berasal dari bisnis kayu yang digeluti sejak 1970-an bernama PT Barito Pacific Timber.

Perusahaan itu berganti nama menjadi Barito Pacific setelah mengurangi bisnis kayu pada tahun 2007. Pada tahun yang sama, Barito Pacific mengakuisisi 70% perusahaan petrokimia, Chandra Asri.

Pada 2011 Chandra Asri bergabung dengan Tri Polyta Indonesia dan menjadi produsen petrokimia terintegrasi terbesar di Indonesia. Untuk mengembangkan pabrik karet sintetis di Indonesia, pada 2015 Chandra Asri Petrochemical bekerja sama dengan produsen ban Prancis Michelin.

Chairul Tanjung

Pengusaha ini menjadi orang terkaya keenam di Indonesia dengan harta US$ 3,1 miliar atau setara Rp 49,6 triliun. Kekayaannya bersumber dari kerajaan bisnis, CT Corp.

CT Corp terdiri dari tiga perusahaan sub holding: Mega Corp, Trans Corp, dan CT Global Resources yang meliputi layanan finansial, media, ritel, gaya hidup, hiburan, dan kebun sawit yang menjadi sumber energi terbarukan.

Martua Sitorus

Orang terkaya ketujuh di Indonesia ini mengantongi US$ 1,8 miliar atau setara Rp 28,8 triliun. Kekayaannya berkat mendirikan perusahaan kelapa sawit, Wilmar International.

Sitorus yang berdagang udang waktu muda mendirikan Wilmar dengan keponakan orang terkaya di Malaysia, Kuok Khoon Hong.

Mochtar Riady

Orang terkaya di Indonesia ini sukses berkat mendirikan Lippo Group, yang fokus di beberapa bidang usaha seperti properti, ritel, media dan rumah sakit yang usahanya kini diteruskan ke anak-anaknya, James dan Stephen Riady.

Mochtar Riady berada di peringkat kedelapan sebagai orang terkaya se-Indonesia dengan harta kekayaan US$ 1,7 miliar atau setara Rp 27,2 triliun.

Klik halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2