PSBB Berlaku Hari Ini, Driver Tolak Larangan Boncengan

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jumat, 10 Apr 2020 06:30 WIB
Massa driver ojek online (ojol) berdemo di depan Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat (28/2/2020). Mereka meminta Wakil Ketua Komisi V Nurhayati Monoarfa mundur.
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk DKI Jakarta berlaku mulai hari ini. Namun, kebijakan yang salah satunya isinya melarang pengemudi kendaraan membawa penumpang ini ditolak oleh sopir atau driver ojek online (ojol).

"Kami menolak dengan keras adanya pembatasan dengan larangan mengangkut penumpang bagi pengguna sepeda motor secara umum dan bagi ojek online secara khusus, karena alat transportasi sepeda motor merupakan alat transportasi yang secara umum digunakan oleh rakyat kecil untuk aktivitas sehari-hari," kata Ketua Presidium Nasional Garda Indonesia Igun Wicaksono dalam keterangannya, Kamis kemarin (9/4/2020).

Khusus driver ojol, dia mengatakan, sepeda motor merupakan sumber nafkah. Dengan larangan mengangkut penumpang, maka pendapatan driver terhenti.

"Khususnya bagi para pengemudi ojek online yang menggunakan sepeda motor sebagai sumber penghasilan dalam mencari nafkah maka pembatasan pelarangan membawa penumpang akan berdampak pada terhentinya pendapatan penghasilan pengemudi ojek online dari layanan penumpang, juga bagi pengguna jasa penumpang ojek online akan kesulitan dalam beraktivitas," paparnya.

Maka itu, ia meminta Gubernur DKI Jakarta untuk tidak melarang driver mengangkut penumpang.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Malam Ini, Jalan MT Haryono Arah Cawang Ramai Lancar"
[Gambas:Video 20detik]