Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 10 Apr 2020 12:45 WIB

Di Tengah Corona, Restoran Ini Malah Kebanjiran Omzet hingga 80%

Alfi Kholisdinuka - detikFinance
Grab Foto: Grab
Jakarta -

Pandemi COVID-19 telah mengubah banyak hal, mulai dari denyut bisnis yang tersendat hingga pola hidup masyarakat. Namun, hal tersebut tak lantas membuat pemilik bisnis kuliner meratapi keadaan pedihnya kondisi wabah virus Corona ini.

Salah satunya Yulianti, pemilik restoran MasterCheese di Makassar ini mengaku mengalami peningkatan omzet yang signifikan di saat ada wabah virus Corona. Melalui aplikasi layanan pesan antar GrabFood, pemasukannya melebihi daripada biasanya yakni hampir 80%.

"Memang lewat pesanan online, terutama Grab itu tetap banyak. Dulu saja sebelum Corona, 50% pesanannya dari Grab, sekarang pesanan online dari Grab naik sampai 80%," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (10/4/2020).

Kendati harus membatasi jam operasional restoran, ditambah meminimalisir jumlah pengunjung yang makan di tempat. Dengan memaksimalkan penjualannya melalui aplikasi GrabFood, ekonomi nya bisa tetap bertahan di tengah pandemi ini.

"Bersyukur karena ada teknologi yang membuat kami mampu bertahan di situasi sulit ini," ungkapnya.

Sementara itu, Managing Grab Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi menjelaskan Grab sebagai perusahaan aplikasi juga memiliki berbagai inisiatif untuk mendukung upaya mitra merchant melawan pandemi COVID-19 di berbagai kota dengan menerapkan standar keamanan terpadu untuk layanan pesan antar makanan.

"Standar yang dimaksud antara lain menghadirkan opsi pengantaran tanpa kontak sebagai langkah perlindungan bagi pelanggan sekaligus mitra, menyertakan Kartu Keterangan Pengiriman GrabFood yang berisi catatan tanggal, waktu, nama dan suhu tubuh karyawan yang menyiapkan makanan pada setiap kemasan makanan yang dipesan dan pemeriksaan suhu tubuh pelanggan, karyawan serta mitra pengantaran secara rutin," ujarnya.

Selain itu, Grab menjaga pengiriman dengan cara menyertakan Kartu Keterangan Pengiriman GrabFood yang berisi catatan tanggal, waktu, nama dan suhu tubuh karyawan yang menyiapkan makanan pada setiap kemasan makanan yang dipesan dan pemeriksaan suhu tubuh pelanggan, karyawan serta mitra pengantaran secara rutin.

Sementara untuk para mitra merchant, Grab menyediakan berbagai langkah bantuan bagi merchant GrabFood untuk membantu bisnis mereka selama masa sulit ini. Grab juga akan mendanai secara langsung, serta bermitra dengan pihak ketiga terkait program pemasaran GrabFood untuk merchant-merchant terpilih yang diharapkan dapat membantu mereka menjangkau lebih banyak pelanggan dan menerima pendapatan tambahan

Sebagai upaya memerangi pandemi COVID-19, Grab menginisiasi gerakan #KitaVSCorona. Melalui gerakan tersebut, Grab membagikan ribuan masker, hand sanitizer, dan menyemprotkan disinfektan pada kendaraan mitra pengemudi GrabBike, GrabCar, serta seluruh mitra pengantaran GrabFood dan GrabExpress.



Simak Video "Yuk Pesan Menu Eksklusif Lewat GrabFood Signature"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com