PSBB Diterapkan, Pengiriman Barang di Jakarta Terhambat

Trio Hamdani - detikFinance
Senin, 13 Apr 2020 11:09 WIB
Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) resmi diterapkan di DKI Jakarta hari ini. Meski mulai diterapkan sejumlah warga tampak masih beraktivitas seperti biasa.
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Jakarta mulai memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sejak Jumat, 10 April 2020. PSBB diterapkan dalam rangka menangani pandemi virus Corona (COVID-19). Tapi rupanya kondisi tersebut agak membuat arus pengiriman barang dari penyedia jasa logistik terkendala.

Ketua Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) Zaldy Ilham Masita menjelaskan kendala yang dialami pelaku usaha di bidang logistik karena banyak akses jalan di perumahan yang ditutup.

"Kendala yang ada lebih banyak karena penutupan wilayah secara lokal seperti perumahan atau RT/RW," kata dia saat dihubungi detikcom, Senin (13/4/2020).

Pada kondisi tersebut, kurir-kurir barang harus menunggu lama sampai pelanggan menjemput paket kiriman yang dipesan. Itu membuat proses pengiriman barang ke tempat lain menjadi lebih lama. Tapi untungnya saat PSBB jalanan lancar.

"Yang membuat proses pengantaran barang jadi lebih lama karena (kurir) tidak boleh masuk dan penerima barang yang harus keluar. Untung nggak ada macet," sebutnya.

Tapi secara umum dia memastikan kegiatan logistik tetap berjalan lancar untuk ukuran wilayah yang sedang dihadapi pandemi COVID-19.

"Setelah PSBB berjalan sejak Jumat minggu lalu, sejauh ini distribusi logistik masih lancar," tambahnya.



Simak Video "Suasana Bundaran HI Pagi Ini di Masa PSBB Ketat"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/fdl)