Curhat Pemilik Kios Bekam yang Tak Dapat Perhatian Seperti Ojol

Danang Sugianto - detikFinance
Senin, 13 Apr 2020 17:52 WIB
Cara Unik Lindungi Diri dari Corona
Foto: Dok. Boredpanda
Jakarta -

Pemerintah dianggap terlalu memikirkan nasib ojek online di tengah masa kelam pandemi COVID-19 ini. Padahal banyak juga pekerja informal lainnya yang tidak kalah sengsaranya termasuk pelaku UMKM.

Hal itu disampaikan oleh salah satu pembaca detikcom, Riri Arditya. Dia menyampaikan surat terbuka untuk pemerintah dan masyarakat melalui detikcom.

Arditya menilai sejak diterapkannya WFH hingga pemberlakukan PSBB, cerita sedih yang selalu muncul ke permukaan rata-rata pengemudi ojol. Dia merasa dirinya juga merasakan kesulitan yang sama.

Arditya sendiri memiliki usaha kecil di bidang reflexology dan bekam yang memiliki karyawan sebanyak 12 orang. Sejak virus Corona heboh, usahanya diminta pihak berwenang untuk tutup sementara.

"Pemberlakuan WFH dan kini PSBB menjadikan usaha saya tutup total. Saya bingung bagaimana membayar gaji karyawan, membayar sewa kios, membayar angsuran dan sebagainya. Teman saya yang menjalankan usaha warnet dan teman yang menjalankan usaha pemancingan, terpaksa melakukan hal yang sama karena pengunjung selalu dibubarkan oleh Kepolisian. Tapi kenapa hanya kami yang diminta patuh?" tuturnya kepada detikcom, Senin (13/4/2020).

Sementara perlakuan yang berbeda diberikan kepada pengemudi ojol. Dia mempertanyakan kebijakan Kementerian Perhubungan mengeluarkan yang memperbolehkan ojol mengangkut penumpang melalui Peraturan Menteri Nomor 18 Tahun 2020.

Menurutnya, jika pengemudi ojol saja masih diperbolehkan angkut penumpang dengan syarat memenuhi ketentuan, seharusnya usahanya juga masih boleh beroperasi. Dia mengaku sanggup jika harus mengikuti protokol kesehatan seperti sterilisasi peralatan hingga memakai masker.

"Bahkan jauh sebelum adanya wabah COVID-19, saya selalu menggunakan sarung tangan plastik, melakukan sterilisasi alat dan ruang dan memakai masker ketika bekerja. Teman saya pengusaha Warnet dan pengusaha pemancingan ikan pun bisa dan sanggup menerapkan syarat tersebut," tegasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Update Positif Covid-19 RI Per 9 Agustus: 125.396 Positif, 80.952 Sembuh"
[Gambas:Video 20detik]