Begini Skema Layanan Grab Antar Belanja Pangan ke Rumah saat PSBB

Reyhan Diandri Ghivarianto - detikFinance
Selasa, 14 Apr 2020 20:47 WIB
Grab
Foto: dok grab
Jakarta -

Grab Indonesia meluncurkan skema layanan untuk memperlancar pendistribusian kebutuhan pangan selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) berlangsung.

President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata mengatakan, bahwa untuk menghadapi pandemi virus Corona kita harus berjuang bersama.

"Sebagai bagian dari masyarakat Indonesia, kita harus mendukung arahan pemerintah dan menjalankan peran kita dengan tetap tinggal di rumah sebisa mungkin untuk membantu membatasi penyebaran virus. Untuk mendukung upaya ini, kami telah bergandeng tangan dengan Kementerian Pertanian dan berbagai Mitra Usaha untuk memastikan bahwa seluruh masyarakat Indonesia bisa mendapatkan akses kepada produk pangan dari rumah mereka masing-masing," ujar Ridzki, dalam keterangan tertulis, Selasa (14/4/2020).

Ridzki mengungkapkan, bahwa Grab telah menyediakan skema layanan untuk pendistribusian tersebut. Adapun skema layanan yang dipersiapkan oleh Grab yaitu:

-GrabMart: Beberapa toko Mitra Usaha akan terdaftar sebagai Mitra Usaha di GrabMart, dan konsumen di Jakarta, Bogor, Depok dan sekitarnya dapat melakukan pemesanan serta pengantaran langsung melalui GrabMart di aplikasi Grab mereka.

-GrabExpress Nalangin: Konsumen di Jakarta, Bandung, Makassar, Surabaya, Semarang, Yogyakarta dan Bali dapat melakukan Pemesanan melalui toko Mitra Usaha melalui GrabExpress Nalangin. Kemudian toko tersebut akan menyiapkan pesanan dan mengirimnya via GrabExpress.

Mitra Pengantaran akan membayarkan biaya belanjaan terlebih dahulu kepada Mitra Usah dan pelanggan dapat langsung mengganti biaya tersebut kepada Mitra Pengantaran saat barang diterima. Tersedia juga layanan GrabExpress Nalangin Car yang akan melayani pelanggan dengan armada GrabCar untuk belanjaan dalam jumlah besar.

-Pemesanan via WhatssApp: Mitra Usaha akan memiliki akun Grab For Business sehingga konsumen dapat melakukan pemesanan kepada mereka lewat WhatsApp lalu kemudian memilih pilihan pengiriman via GrabExpress. Fitur ini akan tersedia di 234 kota di Indonesia. Beberapa mitra swalayan yang menawarkan layanan ini termasuk Giant, Indomaret, Ranch Market, Farmer's Market, Carrefour/Transmart, dan lainnya.

Ridzki pun turut bersyukur atas kemitraan dengan Kementerian Pertanian ini, tentunya melalui kerja sama ini pihaknya dapat mendorong keberlangsungan hidup para Mitra Pengemudi dan Pengantaran Grab.

"Kami bersyukur atas kemitraan yang akan mendorong keberlangsungan hidup Mitra Pengemudi dan Pengantaran kami - yang terus bekerja keras untuk memastikan roda perekonomian terus berjalan. Kemitraan ini juga membantu menciptakan kesempatan pendapatan tambahan bagi mereka walaupun mobilitas sedang terbatas di negara ini," pungkas Ridzki.

Sebagai informasi, hari ini nota kesepahaman telah ditandatangani oleh Kementerian Pertanian Republik Indonesia, Grab, dan 6 Mitra Usaha di Indonesia yakni, PT. CPI (Prima FreshMart), PT. Japfa Comfeed Indonesia (Best Meat), PT. Tri Putra Panganindo (Juragan Ayam), PT. Cimory (Cimory), PT. Indoguna (Indoguna), dan PT Agro Boga Utama (Meat n Fresh).

Para Mitra Usaha tersebut adalah perusahaan penyedia daging sapi, ayam, ikan, susu dan juga produk lainnya yang akan memanfaatkan platform digital Grab untuk memastikan inventaris mereka yang bervariasi tersedia bagi pelanggan Grab.

Pendistribusian ini pun menjangkau berbagai provinsi di Indonesia yaitu Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Lampung, Bali dan Sulawesi Selatan dengan layanan GrabExpress.



Simak Video "Mulai #LangkahHijau, Donasikan Jejak Karbonmu untuk Penanaman Pohon"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/hns)