ADVERTISEMENT

Soal Kerusuhan Seperti 1998 Bisa Terjadi Lagi, Istana Buka Suara

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Minggu, 19 Apr 2020 09:00 WIB
Akibat Corona Dunia Hadapi Krisis Ekonomi Terburuk sejak Malaise
Foto: DW (News)
Jakarta -

Sebagian kalangan pengusaha khawatir jika krisis akibat virus Corona ini akan menimbulkan kerusuhan seperti periode 1998.

Ekonom menyebut kekhawatiran ini beralasan, mengingat ruang gerak produksi yang terbatas, pemutusan hubungan kerja (PHK) yang terjadi di berbagai sektor, hingga ancaman-ancaman lainnya.

Lalu bagaimana tanggapan istana terkait kekhawatiran ini?

Pelaksana tugas (Plt) Deputi III KSP, Panutan Sulendrakusuma memastikan sistem keamanan pasti terjaga selama pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

"Pasti terjaga, karena institusi keamanan kita terus memantau perkembangan situasi dan penerapan PSBB menyebabkan mereka seluruh aparat keamanan memang tergelar di lapangan," kata Panutan kepada detikcom, Jakarta, Sabtu (18/4/2020).



Panutan menjelaskan, akar permasalahan pelemahan ekonomi saat ini juga berbeda dengan krisis yang terjadi pada tahun 1998. Pada saat 1998 lantaran terjadi KKN yang berujung pada struktur politik dan ekonomi yang tidak inklusif.

Untuk saat ini, kata Panutan disebabkan oleh sektor kesehatan dan terjadi di seluruh dunia.

"Kalau saat ini masalah sumbatan aspirasi mayoritas masyarakat sudah tidak ada, dan akar masalahnya ada di kesehatan. Sehingga kecil kemungkinan krisis kesehatan berujung kerusuhan '98," tegas Panutan.

Sebelumnya, para pengusaha yang sudah babak belur dihantam dampak Corona berharap pemerintah menjaga keamanan dengan baik. Pasalnya, dampak mengerikan dari virus Corona yang kini dirasakan masyarakat bisa memicu kerusuhan.



Simak Video "Kasus Harian Covid-19 Jepang Tembus 100.000"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT