Sudah 6.800 Restoran Tutup Gara-gara Corona

Trio Hamdani - detikFinance
Minggu, 19 Apr 2020 12:15 WIB
Barang kotor di restoran
Ilustrasi/Foto: iStock
Jakarta -

Hingga hari ini sudah ada 6.800 restoran yang tutup imbas pandemi COVID-19. Itu baru bicara bisnis kuliner yang berada di dalam mal saja, yang terdampak oleh penutupan pusat-pusat perbelanjaan dalam rangka mencegah penyebaran virus Corona.

"Yang pasti dari mal saja itu sudah hampir lebih dari 6.800 restoran tutup," kata Wakil Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bidang Restoran Emil Arifin saat dihubungi detikcom, Minggu (19/4/2020).

Dia menjelaskan, paling tidak ada 700 mal di Indonesia yang di dalamnya berdiri gerai-gerai kuliner. Imbas pandemi COVID-19, mayoritas pusat perbelanjaan tersebut berhenti beroperasi sehingga restoran terpaksa ikut tutup.

Bisnis restoran yang paling banyak terdampak kondisi tersebut tersebar di Pulau Jawa dan Bali. Namun memang ada beberapa restoran yang masih bisa buka di dalam mal, misalnya yang di area lobi. Itu pun tak melayani makan di tempat.

"Yang di dalam mal karena dari 700 sekian mal di Indonesia itu yang di Jawa Bali kan tutup tuh paling banyak hampir 60%. Itu sudah tutup semua. Jadi yang di mal sudah praktis tutup," ujarnya.

Emil menjelaskan belum ada angka pasti untuk keseluruhan restoran yang tutup termasuk di luar mal. Sebab tidak semua pengusaha kuliner melaporkan ke asosiasi mengenai kondisi bisnis mereka.

"Saya nggak bisa dapat angka pastinya atau daftar restoran mana saja yang sudah tutup, karena pengusaha restoran ini agak sensitif. lain dengan hotel," tambahnya.



Simak Video "Pasien Corona di Mamuju Kabur: Dijemput Petugas, Dilawan Keluarga!"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/eds)