ADVERTISEMENT

Bantuan Sembako Jabodetabek Disalurkan Mulai Besok

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Minggu, 19 Apr 2020 21:00 WIB
Bansos berupa sembako mulai didistribusikan kepada warga terdampak COVID-19. Bantuan sembako diberikan kepada sejumlah warga yang bekerja di Terminal Kalideres.
Ilustrasi/Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Pemerintah akan memberikan bantuan sosial (bansos) berupa paket sembako ke wilayah Jabodetabek. Bantuan akan disalurkan secara bertahap mulai besok Senin (20/4/2020).

Dalam keterangan resmi PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero), Presiden Joko Widodo akan memberikan paket sembako bagi warga Jabodetabek yang merupakan wilayah pandemi.

Bantuan khusus bahan pokok sembako dari pemerintah melalui Kementerian Sosial untuk masyarakat khususnya DKI Jakarta dipersiapkan untuk sekitar 2,6 juta jiwa/1,2 juta KK untuk selama 3 bulan, Bodetabek untuk 1,6 juta jiwa atau 576 ribu KK dan di luar Jabodetabek bantuan sosial tunai kepada 9 juta KK yang tidak menerima Bansos PKH maupun Bansos Sembako.

PPI sebagai BUMN trading yang tergabung dalam kluster pangan turut serta dalam penyediaan bantuan sosial sembako tersebut, di mana penyalurannya dimulai dari tanggal 20 April 2020 secara bertahap sebanyak 1.500.000-an paket.

"Kementerian Sosial menugaskan kami dalam tahap I ini di wilayah Jakarta Barat khususnya dan DKI pada umumnya. Ke depannya, karena kami memiliki jaringan distribusi di seluruh Indonesia, kami siap memenuhinya untuk wilayah -wilayah lain di Indonesia," kata Direktur Utama PPI Fasika Khaerul Zaman dalam keterangannya, Minggu (19/4/2020)

Target bantuan ini ialah masyarakat menengah ke bawah sesuai data Kementerian Sosial. Adapun dalam setiap paket yang diberikan terdiri dari beras, minyak goreng, mi instan, kornet, sarden, kecap, sambal, sabun, teh celup, dan susu UHT.

"Kami alokasikan persediaan barang utamanya untuk pemenuhan paket sembako yang digulirkan oleh pemerintah," ujarnya.



Simak Video "Pengacara JNE Soal Kuburan Beras Bansos: Sudah Kami Ganti"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/eds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT