Pemkot Yogya Buka Layanan Belanja via Aplikasi dan Whatsapp

Jauh Hari Wawan S - detikFinance
Minggu, 19 Apr 2020 20:45 WIB
Pedagang beraktifitas seperti hari-hari biasa di tengah pandemi COVID-19, di Pasar Jombang, Ciputat, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Banten (15/4/2020).
Ilustrasi/Foto: ari saputra
Yogyakarta -

Guna mencukupi kebutuhan pokok masyarakat saat pandemi Corona, Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta memberikan fasilitasi transaksi daring. Hal itu untuk mengurangi aktivitas masyarakat ke pasar untuk belanja kebutuhan pokok.

"Agar masyarakat tidak berduyun-duyun berbelanja di pasar untuk memenuhi kebutuhan pokok, Pemkot Yogya memfasilitasi adanya transaksi daring atau melalui WA (WhatsApp) dan aplikasi," kata Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, Minggu (19/4/2020).

Dijelaskan Heroe, transaksi daring itu yakni berupa layanan pesan antar yang bekerjasama dengan Gojek. Para pedagang, kata Heroe juga siap melayani transaksi melalui WhatsApp.

"Layanan pesan antar ini kami kerjasama dengan Gojek. Para pedagang pasar siap melayani transaksi melalui WA," ucapnya.

Pemkot, kata dia, juga punya aplikasi yang dapat digunakan masyarakat untuk belanja. Masyarakat nantinya hanya tinggal mengklik barang yang hendak dibeli.

"Termasuk dengan layanan aplikasi mitra, juga aplikasi 'Nglarisi' dan 'Dodolan' dalam layanan dari Pemkot Yogya JOGJA Smart Service (JSS). Di JSS kita juga tahu harga kebutuhan pokok di Yogya. Nanti masyarakat tinggal klik saja," jelasnya.

Menurutnya, hal itu dilakukan agar kebutuhan masyarakat bisa terpenuhi. Di samping itu, roda ekonomi bisa terus berputar.

"Itu semua dilakukan agar kebutuhan pokok masyarakat terpenuhi, memberikan akses pedagang, petani, peternak yang menyediakan kebutuhan pokok masyarakat Yogya. Tetapi protokol Corona bisa ditegakkan," tutupnya.



Simak Video "Tergiur Diskonan Lazada, Pasutri Ini Jadi Korban Penipuan"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)