Saingi Amazon & Microsoft, Alibaba Siapkan Rp 423 T Garap Cloud

Aulia Damayanti - detikFinance
Senin, 20 Apr 2020 16:15 WIB
Markas Alibaba
Markas Alibaba/Foto: detikINET/Adi Fida Rahman
Jakarta -

Alibaba akan menginvestasikan US$28,26 miliar atau setera Rp 423 triliun (kurs Rp 15.000/dollar) di divisi cloud computing selama tiga tahun ke depan, dengan memfokuskan pada sektor infrastruktur.

Investasi terbaru ini dapat membantu perusahaan memperluas basis produk dan konsumennya terutama di pasar internasional, dan untuk bersaing dengan Amazon dan Microsoft.

Alibaba adalah penyedia cloud computing terbesar berdasarkan pangsa pasar di China tetapi secara global Alibaba belum dapat mengalahkan raksasa e-commerce dunia, Amazon.


Investasi tersebut akan digunakan untuk berinvestasi dalam teknologi yang terkait dengan sistem operasi, server, chip, dan jaringan. Alibaba juga mengatakan investasi tambahan didorong oleh dampak virus Corona (COVID-19) terhadap ekonomi dan peningkatan fokus pada ekonomi digital

"Pandemi COVID-19 telah memberikan tekanan tambahan pada keseluruhan ekonomi lintas sektor, tetapi juga mengarahkan kita untuk lebih fokus pada ekonomi digital," kata Presiden Alibaba Cloud Intelligence, Jeff Zhang. Melansir dari CNBC, Senin (20/4/2020).

Alibaba telah melakukan upaya terpadu di divisi cloud computing, meskipun saat ini hanya menyumbang 7% dari total pendapatan perusahaan.

"Saya pikir cloud akan menjadi bisnis utama Alibaba di masa depan," Daniel Zhang, CEO Alibaba dan chairman, mengatakan kepada CNBC.

Sementara itu, di Cina Alibaba menghadapi meningkatnya persaingan di ruang cloud dari saingan e-commerce JD.com.



Simak Video "Alibaba Cloud Ingin Bangun Markas di RI, Kominfo Ingatkan Hal Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)