Basuki Beli Karet Petani Rp 100 M untuk Campuran Aspal

Anisa Indraini - detikFinance
Selasa, 21 Apr 2020 22:30 WIB
Virus corona jenis baru berdampak ke sejumlah sektor usaha salah satunya karet. Diketahui harga karet mengalami penurunan akibat mewabahnya virus itu.
Foto: Antara Foto
Jakarta -

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyebut telah menyiapkan anggaran Rp 100 miliar untuk membeli karet petani. Karet tersebut bakal menjadi bahan untuk campuran aspal.

"Kami alokasikan Rp 100 miliar untuk pembelian karet," kata Basuki saat rapat virtual dengan Komisi V DPR RI, Selasa (21/4/2020).

Pembelian karet ini akan disebar ke seluruh petani di Lampung, Sulawesi Selatan, Jambi, Riau, Kalimantan Selatan, hingga Kalimantan Timur. Pembelian akan dilakukan kepada petani langsung seharga Rp 8.000/kilogram (kg).

"Pembelian karet ini langsung ke petani tidak melalui pengepul. Pernah kita lakukan dua tahun yang lalu itu maksimal dari koperasi jadi by name by adress langsung ke petani yang harganya bisa diterima langsung sekitar Rp 8.000/kg," urainya.

Basuki menyebut kebijakan ini sudah dimulai dan sedang menunggu revisi daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) dari Kementerian Keuangan.

"Ini sudah mulai kita lagi revisi DIPA-nya itu cepat-cepatan dengan Kementerian Keuangan," ucapnya.



Simak Video "Pasien Corona di Mamuju Kabur: Dijemput Petugas, Dilawan Keluarga!"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)