Daftar Pelatihan di Pra Kerja Jokowi, Bikin Pempek hingga Menulis CV

Anisa Indraini - detikFinance
Rabu, 22 Apr 2020 08:40 WIB
Ilustrasi Kartu Pra Kerja
Foto: Ilustrasi Kartu Pra Kerja (Tim Infografis: Luthfy Syahban)
Jakarta -

Kartu Pra Kerja menjadi program andalan pemerintah untuk meminimalisir dampak virus Corona (COVID-19) terhadap para pekerja. Diharapkan kartu ini mampu menampung para pekerja yang terkena PHK maupun UMKM yang kehilangan pendapatannya.

Program ini memberikan biaya kepada pesertanya sebesar Rp 3.550.000. Dari total itu, sebesar Rp 1 juta untuk biaya pelatihan sebanyak satu kali atau lebih.

Saat ini ada 8 mitra Kartu Pra Kerja yang telah menyediakan berbagai pelatihan untuk peserta seperti Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Tokopedia, Bukalapak, Pintaria, Pijar Mahir, MauBelajarApa, Ruangguru, dan Sekolahmu.

Dirangkum detikcom, Rabu (22/4/2020), berikut beberapa pelatihan yang bisa diikuti oleh peserta Kartu Pra Kerja:

1. Bahasa Inggris Dasar untuk Driver Ojol (Rp 250.000)

Pintaria menyediakan pelatihan bahasa Inggris untuk driver ojol. Pelatihan ini terdiri dari 7 pertemuan dalam 1 bulan dengan durasi 4 jam per pertemuan. Selain untuk driver ojol, ada juga pelatihan bahasa Inggris untuk driver taksi, resepsionis, pramusaji, sampai pegawai hotel.

2. Belajar Bikin Pempek (Rp 600.000)

Pintaria juga menyediakan pelatihan untuk berbisnis pempek dengan cara membuat pempek yang enak bersama Chef Alfi. Materi pelatihan mulai dari cara membuatnya, hingga cara menghitung harga jual yang tepat.

3. Latihan Soal CPNS Plus Kunci Jawaban (Rp 150.000)

Jika berminat menjadi PNS, mungkin pelatihan ini bisa dicoba. Peserta akan belajar soal-soal yang biasa ditemui saat Tes Kompetensi Dasar (TKD) yang terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelejensi Umum, dan Tes Karakteristik Pribadi selama 1 jam lamanya.


4. Menjahit Masker Anti Corona dan Bisa Dijual (Rp 600.000)

Pelatihan ini cocok bagi peserta kartu Pra Kerja yang ingin membuka usaha atau memanfaatkan situasi pandemi ini dengan membuat dan menjual masker. Peserta akan diajarkan cara menjahit dan pengetahuan seputar pembuatan masker.

5. Belajar Menjadi Barista dan Membuka Warung Kopi di Rumah (Rp 600.000)

Peserta akan diajarkan cara membuat kopi, hingga pengetahuan secara menyeluruh mengenai kopi dari hulu ke hilir selama 4 jam lamanya.

Lanjut ke halaman berikutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2