Harga Bawang hingga Gula Pasir Masih Tinggi Jelang Ramadhan

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 23 Apr 2020 17:05 WIB
Sejumlah pedagang melakukan jual-beli di pasar induk kramat jati jakarta (13/3/2013). Harga bawang merah kembali mengalami lonjakan. Lonjakan yang terjadi tiap hari tersebut sekarang menembus harga Rp 50.000/Kg. File/detikFoto.
Ilustrasi/Foto: Hasan Alhabshy
Jakarta -

Kementerian Perdagangan (Kemendag) telah melakukan pemantauan di 223 pasar di 34 provinsi. Dari pemantauan tersebut, Kemendag menyatakan, pada umumnya harga pangan normal, namun ada beberapa komoditas yang harganya di atas harga acuan atau eceran jelang Ramadhan.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Suhanto mengatakan ada tiga komoditas yang harganya tinggi. Sebutnya, bawang merah yang mengalami kenaikan 13% dibanding bulan sebelumnya. Kedua, komoditas yang mengalami kenaikan adalah gula pasir.

"Gula pasir masih ada kenaikan dibanding bulan lalu yaitu harganya sekarang Rp 18 ribuan," katanya dalam rapat online dengan Komisi VI DPR RI, Kamis (23/4/2020).

Komoditas ketiga yaitu bawang putih. Meski begitu, harga bawang putih sudah turun jika dibandingkan bulan sebelumnya.

"Bawang putih sekarang posisinya sudah relatif turun dibandingkan sebulan sebelumnya. Kalau sebelumnya bawang putih di harga Rp 45-47 ribu, saat ini rata-rata nasional sudah di angka Rp 38 ribu," terangnya.



Simak Video "Mendagri: Kalau Distribusi Pangan Bermasalah, Bisa Jadi Ada Mafia"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/ara)