KKP Bagikan Ikan Segar buat Warga Terdampak COVID-19 di Sukabumi

Nurcholis Maarif - detikFinance
Sabtu, 25 Apr 2020 13:55 WIB
KKP
Foto: Dok. KKP
Jakarta -

Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bersama mitra pelaku usaha perikanan membagikan ikan segar untuk warga Sukabumi yang terdampak COVID-19. Pembagian ikan juga dilaksanakan dalam rangkaian Bulan Mutu Karantina 2020.

Kepala BKIPM, Rina memaparkan ikan dapat menstimulus sistem imun di dalam tubuh di mana tubuh membutuhkan protein yang cukup serta suplai makanan yang bermutu. Selain itu, ikan juga merupakan sumber protein dan memiliki omega3 yang tinggi.

"Ikan sehat bermutu ini merupakan sumber protein yang layak dan memiliki omega3 tinggi. Itu salah satu faktor yang bisa meningkatkan imun tubuh," kata Rina dalam keterangan tertulis, Sabtu (25/4/2020).

Oleh karena itu, kata Rina, dalam rangkaian Bulan Mutu Karantina Tahun 2020, KKP kembali menyalurkan bantuan ikan sehat bermutu untuk masyarakat terdampak COVID-19. Sebelumnya bantuan tersebut disalurkan di DKI Jakarta dan sekitarnya serta kali ini bantuan serupa diserahkan untuk warga Sukabumi pada Kamis, (23/4/2020).

Bantuan ikan yang dibagikan adalah bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) pelaku usaha perikanan mitra BKIPM sebagai bentuk kepedulian untuk membantu meringankan masyarakat terdampak COVID-19. Total bantuan yang diserahkan sebanyak 7,5 ton ikan dari pelaku usaha perikanan mitra BKIPM Jakarta II dan 250 kg dari PPN Palabuhanratu.

"Kegiatan ini dalam rangka bulan mutu karantina dan kita bersama-sama atas arahan Pak Menteri membagikan ikan sehat dan bermutu kepada masyarakat," ujar Rina.

Penyerahan bantuan secara simbolis disampaikan oleh Kepala BKIPM kepada Bupati Sukabumi Marwan Hamami dan disaksikan Ketua DPRD dan para camat se-Kabupaten Sukabumi. Penerima bantuan di Kabupaten Sukabumi terdiri dari masyarakat pembudidaya, pengolah, pemasar perikanan, dan masyarakat pesisir.

Sedangkan untuk Kota Sukabumi, bantuan diserahkan kepada masyarakat melalui Kepala Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar, Supriyadi, disaksikan Ketua DPRD Kota Sukabumi. Penerima bantuan di antaranya 100 KK pembudidaya ikan di Kota Sukabumi dan 800 KK di 13 RT di Kota Sukabumi yang terdampak COVID-19.

"Ikan yang dibagikan ini ikan makarel dan tongkol. Ikan-ikan ini masih segar dan kualitasnya bagus. Saya harap ikan ini dapat terdistribusikan dengan baik dan bisa membantu masyarakat terdampak COVID-19," pungkas Rina.

Seperti diketahui, pada Rabu (22/4/2020), Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo meresmikan program Bulan Mutu Karantina 2020. Program ini akan digelar di 47 UPT BKIPM di 34 provinsi hingga 30 Juni 2020.

(prf/hns)