Kunjungi Makodim Depok, Mentan Pastikan Program ATM Beras Berjalan

Abu Ubaidillah - detikFinance
Minggu, 26 Apr 2020 18:00 WIB
Kementan
Foto: Kementan
Jakarta -

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengunjungi Markas Komando Distrik Militer (Makodim) Depok 0508 untuk melihat langsung program ATM Beras hasil kerja sama Kementerian Pertanian, TNI, dan beberapa mitra. Ia mengatakan program yang menyalurkan bantuan beras ke masyarakat melalui ATM Pertanian Si Komandan berjalan dengan baik.

Ia pun mengapresiasi upaya dan dukungan yang diberikan oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa yang turut bergerak menjadikan Makodimnya membantu penyaluran beras untuk masyarakat yang kurang mampu.

"Ini adalah bentuk keterpanggilan untuk menghadirkan negara, hadirnya kebersamaan, kebangsaan di saat pandemi COVID-19 seperti ini rakyat membutuhkan itu," ujar Syahrul dalam keterangan tertulis, Minggu (26/4/2020).

Menurut Syahrul, COVID-19 tidak hanya masalah kesehatan, melainkan juga mengenai kehidupan. Pada satu titik, salah satu yang menjadi masalah adalah ketersediaan dan akses pangan bagi masyarakat kurang mampu.

Lebih lanjut Syahrul menjelaskan sudah banyak bantuan yang disalurkan oleh Pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos), Pemerintah Daerah, dan juga program lainnya. Namun menurutnya, program ATM Beras ini menyasar pihak-pihak yang belum mendapat manfaat bantuan saat pandemi COVID-19.

"Saya dan KSAD berusaha menyentuh orang-orang, para dhuafa yang mungkin belum pernah menerima bantuan di dekat sekitar kita. ATM ini sehari diperuntukkan untuk 1.000 penerima, setiap kali kartu digesek akan keluar beras 1,5 kilogram," jelasnya.

Selain mengunjungi Makodim Depok 0508, Syahrul juga direncanakan mengunjungi Makodim Kabupaten Bogor 0621 dan Makodim Kota Bogor 0606. Ia berharap ATM Pertanian Si Komandan dapat dikembangkan di tempat lain sehingga penerimanya semakin banyak.

"Sekecil apa pun kontribusi dan andil kita, semoga itu bernilai manfaat. Kita berharap COVID-19 ini bisa kita lalui dan selamat menjalankan ibadah puasa," pungkasnya.

Erfa, ibu rumah tangga (46) yang merupakan salah satu penerima bantuan di Kelurahan Parung Bingung, Kecamatan Pancoran Mas mengatakan selama ini dirinya membeli beras di warung sekitar. Meski tidak ada kenaikan harga beras, namun ia bersyukur dengan bantuan yang diterima tersebut. Menurutnya bantuan tersebut sangat bermanfaat dan uang belanja bisa dialihkan untuk kebutuhan yang lain.

"Syukur Alhamdulillah, bantuan ini sangat bermanfaat bagi warga seperti kami. Terima kasih Pak Menteri," kata Erfa.



Simak Video "Ekspresi Jengkel Jokowi soal Subsidi Pupuk yang Besar Tak Buahkan Hasil"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/hns)