Mengintip Porsi Anggaran Militer Kim Jong Un

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 27 Apr 2020 06:23 WIB
Kim Jong Un
Foto: Istimewa
Jakarta -

Pimpinan Korea Utara yang otoriter Kim Jong Un sedang ramai jadi perbincangan seluruh dunia. Kim dikabarkan baru saja meninggal dunia, dia disebut meninggal karena gagal jantung.

Kim dan negaranya sangat terobsesi menguatkan militernya. Bahkan Korea Utara berada di peringkat No 1 di dunia dalam hal porsi belanja untuk kebutuhan militer terhadap produk domestik bruto (PDB) antara 2007-2017.

Menurut laporan Pengeluaran Militer Dunia dan Transfer Senjata Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat tahun 2019 yang dilansir dari Yonhap News Agency, Minggu (26/4/2020), pengeluaran militer Korea Utara rata-rata sekitar US $ 3,6 miliar per tahun atau sekitar Rp 54 triliun (dalam kurs Rp 15 ribu).

Jumlahnya menyumbang 13,4 hingga 23,3% dari rata-rata PDB negara itu sebesar US$ 17 miliar selama periode tersebut atau sekitar Rp 255 triliun selama 7 tahun.

Sementara itu Oman yang bercokol pada urutan ke dua menghabiskan sekitar 12,1% dari PDB untuk militer. Kemudian, diikuti Arab Saudi dengan 9,3%.

Namun, apabila dibandingkan jumlahnya, pengeluaran militer tahunan Korea Utara lebih kecil daripada Korea Selatan.

Negara rivalnya ini menghabiskan US$ 34,8 miliar atau sekitar Rp 522 triliun untuk militer. Namun memang kalau dibandingkan dengan jumlah PDB, Korea Selatan cuma sebesar 2,6% pengeluaran militernya.

Kim juga mengembangkan senjata nuklir di negaranya, menurut sebuah laporan yang disusun Komite Sanksi Dewan Keamanan PBB untuk Korea Utara yang dilansir dari Reuters, Kim telah mencuri hingga US$ 2 miliar atau berkisar Rp 30 triliun untuk mengembangkan nuklirnya.


Peristiwa ini terjadi di pertengahan 2019 lalu, Korea Utara disebut telah menggunakan peretas alias hacker di dunia maya yang semakin canggih untuk mencuri dana dari lembaga keuangan dan pertukaran mata uang kripto demi menghasilkan pendapatan.

Sebagai pimpinan negara, Kim juga sangat kaya. Berapa total hartanya?

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Kim Jong-un Ngamuk Gegara Pembangunan Rumah Sakit"
[Gambas:Video 20detik]