Budi Karya Sembuh Corona, Luhut Sudah Bukan Plt Menhub?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 27 Apr 2020 15:25 WIB
Luhut Binsar Pandjaitan
Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta -

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi sudah dinyatakan membaik setelah sebelumnya positif terjangkit virus Corona. Selama hampir dua bulan Budi Karya menjalani perawatan intensif di RSPAD Gatot Subroto dan pemulihan di rumahnya.

Selama itu pula jabatannya tidak kosong, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengambil alih tugas Budi Karya. Luhut ditunjuk sebagai Menhub ad interim selama Budi Karya dalam masa pemulihan.

Apakah Luhut masih menjabat Menhub ad interim setelah Budi Karya sembuh? Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati menegaskan bahwa Budi Karya masih berada dalam masa transisi dan belum aktif sepenuhnya dalam mengemban tugas sebagai Menhub.

"Bapak Budi Karya Sumadi saat ini sudah ikut ratas untuk transisi sebelum aktif sepenuhnya menjadi Menhub," jelas Adita kepada detikcom, Senin (27/4/2020).


Sebagai informasi, hari ini Budi Karya sudah rapat bareng Presiden Joko Widodo. Adita menambahkan untuk menjabat sebagai Menhub secara penuh, Budi Karya masih menunggu proses administrasi. Dengan ini Luhut masih memiliki peran sebagai Menhub Ad Interim.

"Kapan akan secara resmi menjabat Menhub saat ini masih menunggu proses administrasi," ujar Adita.

Budi Karya sendiri dinyatakan positif terinfeksi virus Corona sejak pertengahan Maret lalu. Hal ini disampaikan Mensesneg Pratikno.

"Atas izin keluarga yang disampaikan oleh Pak Kepala Rumah Sakit Gatot Soebroto tadi adalah Pak Budi Karya, Pak Menhub. Ini kami sampaikan atas izin keluarga," kata Pratikno di gedung Sekretariat Negara, Jakarta Pusat, Sabtu (14/3/2020).



Simak Video "Jika PON 2021 Usai, Bagaimana Nasib 428 Bus yang Dikirim ke Papua?"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)