Jalan Panjang Budi Karya Sumadi Sembuh dari Corona

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 27 Apr 2020 16:10 WIB
Budi Karya Sumadi
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kini sudah pulih kembali setelah sebelumnya dinyatakan positif terjangkit virus Corona. Dari catatan detikcom, Budi Karya menjadi petinggi negara pertama di Indonesia yang terjangkit virus Corona. Sejak Maret lalu, dirinya harus terbaring di rumah sakit karena Corona.

"Atas izin keluarga yang disampaikan oleh Pak Kepala Rumah Sakit Gatot Soebroto tadi adalah Pak Budi Karya, Pak Menhub. Ini kami sampaikan atas izin keluarga," kata Mensesneg Pratikno saat melakukan pengumuman kondisi BKS di gedung Sekretariat Negara, Jakarta Pusat, Sabtu (14/3/2020).

Pria yang akrab disapa BKS ini, juga dinilai sebagai menteri yang rajin meninjau dan melakukan kunjungan kerja ke proyek-proyek dan infrastruktur pemicu konektivitas nasional. Bahkan, seminggu sebelum dinyatakan positif Budi Karya sempat diketahui meninjau beberapa infrastruktur.


Mulai dari Kereta Makassar Pare-Pare, Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), hingga Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Kemudian, beberapa hari jelang pengumuman positif Corona, Juru Bicara Menhub Adita Irawati menyatakan bahwa BKS terkena tifus. Adita mengkonfirmasi Budi mengalami tifus berdasarkan hasil lab.

"Saat ini Menteri Perhubungan Bapak Budi Karya Sumadi sedang beristirahat di rumah karena gejala tifus setelah beberapa waktu lalu melakukan rangkaian kunjungan kerja ke luar kota," ujar juru bicara Menhub, Adita Irawati, lewat pesan singkat, Selasa (10/3/2020).

Klik halaman selanjutnya.



Singkat cerita, Budi Karya dirawat intensif di RSPAD Gatot Subroto sejak pengumuman dirinya dinyatakan positif Corona. Sekitar sebulan setelah dirawat Budi Karya sempat memberi salam kepada publik.

Wakil Menteri Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Wamen PDTT), Budi Arie Setiadi membagikan video yang menunjukkan kebersamaan antara dr Kapt Maulidi dokter yang merawat BKS kepada awak media pada 31 Maret 2020.

Dalam video itu, Budi Karya terlihat berbaring di ranjang rumah sakit dan sedang memakai masker. Namun, pria asal Palembang ini menyampaikan kesan dan pesan selama dirawat di RSPAD Gatot Soebroto, dia juga sempat memekikkan semangat melawan virus Corona.

"Gimana kesan pesannya?" tanya dr Kapt Maulidi, yang memakai hazmat suit dan alat pelindung diri (APD) lengkap.

"Top banget. Fisioterapisnya top. Keluargo. Dulur kito. Alhamdulillah. Semangat! Lawan COVID-19!" ujar Budi Karya dengan suara agak serak.


Hingga akhirnya, di pertengahan April BKS dinyatakan bisa pulang ke rumah. BKS dinilai sudah bisa dirawar di rumah oleh staff RSPAD Gatot Subroto, dan melakukan karantina selama 14 hari.

Hari ini, BKS sudah muncul ke publik dalam keadaan cukup sehat. Bahkan, dia bercerita sudah ikut menyusun aturan pelarangan mudik Lebaran 2020.

"Presiden memang membuat satu langkah yang menurut hemat saya tepat dan tepat sekali yaitu dalam penanganan Covid-19. Dilakukan beberapa kali ratas. Saya tidak ikut, tapi saya minta bahan dan ikut membahas Permenhub," ujar BKS dalam video conference seusai rapat terbatas, Senin (27/4/2020).



Simak Video "Menhub Sebut 19 Juta Warga Bakal Mudik Nataru Jika Tak Ada Pengetatan"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)