Cek Pangan, Mendag: Harga Gula dan Bawang Merah Naik

Trio Hamdani - detikFinance
Rabu, 29 Apr 2020 12:47 WIB
Menteri Perdagangan Agus Suparmanto
Foto: Citra Nur Hasanah / 20detik
Jakarta -

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto hari ini mengecek harga barang kebutuhan pokok di Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur. Dia memastikan stok cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Berdasarkan hasil pemantauan perkembangan stok dan harga rata-rata kebutuhan pokok seperti beras, gula pasir, minyak goreng, daging sapi, daging ayam, telur, cabai, bawang merah, dan bawang putih di pasar Kramat Jati pada minggu keempat April, dapat dipastikan cukup dan harganya stabil," kata dia dalam konferensi pers virtual, Rabu (29/4/2020).

Namun ada beberapa komoditas yang harganya masih tinggi, yaitu gula pasir dan bawang merah karena telah terjadi kenaikan harga.


Meskipun demikian, Agus menjelaskan sebagian komoditas pangan sudah mengalami penurunan harga, seperti daging ayam ras dan beberapa bumbu dapur.

"Memang beberapa komoditas mengalami kenaikan harga seperti gula pasir dan bawang merah. Namun beberapa komoditas mengalami penurunan harga, antara lain daging ayam ras, bawang putih, cabai merah keriting, dan cabai merah besar, termasuk cabai rawit merah yang sebelumnya harganya cukup tinggi," jelasnya.

Pada kesempatan tersebut pihaknya juga menyerahkan bantuan alat kesehatan untuk para pedagang dan pembeli. Hal itu bertujuan untuk mencegah meluasnya penyebaran virus Corona (COVID-19).

"Memasuki bulan suci Ramadhan ini saya dan Kementerian Perdagangan tadi meninjau pasar Kramat Jati untuk melihat langsung barang kebutuhan pokok, sekaligus memberikan bantuan perangkat kesehatan bagi pedagang dan pembeli pasar Kramat Jati untuk memutus penyebaran COVID-19 ini," tambahnya.



Simak Video "Jelang Lebaran, Harga Bawang Merah di Polewali Mandar Mulai Naik"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/hns)