Mei, 58 Ribu Ton Bawang Putih Impor Masuk RI

Trio Hamdani - detikFinance
Rabu, 29 Apr 2020 14:13 WIB
Bawang putih impor
Foto: Vadhia Lidyana
Jakarta -

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menjelaskan bawang putih impor akan kembali masuk ke Indonesia paling lambat Mei. Targetnya 58.000 ton bawang putih impor yang bakal masuk.

"Untuk bawang putih memang sudah masuk sebagian. Ditargetkan bulan Mei ini mencapai 58.000 ton kurang lebih," kata dia dalam konferensi pers virtual, Rabu (29/4/2020).

Paling cepat, bawang putih impor akan tiba di Indonesia pada akhir April ini. Bila tidak memungkinkan maka akan tiba awal Mei.

"Sekarang hari Rabu ya, iya akhir April atau awal Mei sudah mulai masuk karena Jumat ini sudah 1 Mei," jelasnya.


Dia pun menjelaskan bahwa pemerintah sudah memberikan kemudahan impor komoditas bawang putih dan bawang bombai.

"Berkaitan dengan itu karena sudah memanfaatkan relaksasi impor, jadi relaksasi impor yang kita berikan pembebasan persetujuan impor sehingga memudahkan bagi pelaku usaha untuk mengimpor terutama khususnya bawang putih dan bawang bombai," tambahnya.

Direktur Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian Prihasto Setyanto sebelumnya mengatakan, pihaknya telah menerbitkan Rekomendasi Impor Produk Hortikultura (RIPH) untuk 450.000 ton bawang putih dan 227.000 ton untuk bawang bombai. Hitungan Kementan bila semua telah masuk, stok cukup untuk satu tahun, bahkan satu setengah tahun untuk bawang bombai.

"Tolong pastikan produk yang diimpor telah memenuhi syarat keamanan pangan, dan sesuai kebutuhan karena ini semua akan dikonsumsi oleh rakyat Indonesia," ujarnya dalam keterangan resmi yang dikutip detikcom, Minggu (29/3/2020).



Simak Video "Hakim Tolak Praperadilan Eks Anggota DPR I Nyoman Dhamantra"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/hns)