Bantuan CT Tambah Kapasitas RSCM untuk Tangani Corona

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 30 Apr 2020 13:29 WIB
CT Corp memberikan bantuan peralatan medis ke RSCM, Jakarta Pusat. Bantuan ini merupakan bantuan yang diberikan bersama Bank Mega didukung Astra dan Indofood.
Foto: dok. CT Corp
Jakarta -

Kapasitas RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat untuk menangani pasien Corona bertambah sejalan masuknya bantuan alat-alat kesehatan. Rumah sakit ini sendiri baru saja mendapat bantuan dari CT Corp, Bank Mega dan didukung oleh Astra dan Indofood.

Direktur Utama RSCM Lies Dina Liastuti menjelaskan, pasien Corona dialihkan dan dirawat jadi satu gedung. Dengan kondisi tersebut, maka gedung itu dilakukan penyesuaian dengan mengubahnya menjadi bertekanan negatif.

"Karena gedung ini peruntukannya tadinya bukan untuk infeksi, tapi harus melakukan perubahan. Salah satu yang penting adalah mengubah tekanan negatif seperti ruang ini, sehingga kuman tidak menyebar," katanya di RSCM Jakarta Pusat, Kamis (30/4/2020).

Dia menuturkan, mulanya pasien Corona dirawat di lantai 1,2 dan 6. Dengan bantuan tersebut, maka lantai 4 juga bisa digunakan untuk menangani pasien Corona.

"Baru lantai 1, 2 dan lantai 6. Dengan bantuan ini tentu lantai 4 bisa dioperasionalkan mulai hari ini," ujarnya.

Ia menyebutkan, lantai 4 tersebut untuk ICU dengan kapasitas 41 tempat tidur.

"IGD kami itu ada 13 bed, lantai 4 ada 41 ini ICU saja 41 bed, lantai 6 ada 61 namanya HCU, ICU tanpa ventilator. Lantai 7 itu bisa sampai 120 bed untuk pasien isolasi saja yang kondisinya masih bisa stabil jadi cukup banyak," terangnya.



Simak Video "CT Corp Dukung Penanganan Covid-19, ICU RSKI Unair Siap Beroperasi"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/dna)