Nasib Menyedihkan Pegawai Hotel di DIY Terimbas Corona

Pradito Rida Pertana - detikFinance
Kamis, 30 Apr 2020 15:12 WIB
Poster
Ilsutrasi/Foto: Edsi Wahyono
Yogyakarta -

Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY mengungkapkan sebagian besar karyawan Hotel dan Restoran di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengalami cuti tak berbayar atau unpaid leave. PHRI menyebut jumlah karyawan yang terdampak bisa mencapai ribuan orang.

Ketua PHRI DIY, Deddy Pranowo Eryono mengatakan, keputusan tersebut terpaksa diambil para pemilik Hotel dan Restoran karena tidak adanya pemasukan akibat wabah COVID-19. Menurutnya, para karyawan mulai terkena unpaid leave sejak tanggal 1 April.

Menurut Deddy dari tanggal 1 April hingga saat ini pihaknya mencatat ada ratusan karyawan yang beralih status menjadi unpaid leave. Lebih lanjut, jumlah tersebut kemungkinan akan terus bertambah hingga ribuan.

"Saat ini, menurut data yang masuk, yang di-unpaid leave-kan sekitar 900 orang," katanya kepada detikcom, Kamis (30/4/2020).

"Tapi dari data tersebut banyak Hotel bintang dan Restoran yang berjejaring belum memasukan (data). jadi kita perkirakan bisa lebih dari itu, sekitar 1500-1800 orang," lanjut Deddy.


PHRI saat ini tengah mengupayakan karyawannya yang unpaid leave untuk mendapatkan kartu Pra Kerja. Namun, hingga saat ini belum ada kelanjutan lebih lanjut terkait berapa orang yang sudah menerima kartu tersebut.

"Kita sudah mengupayakan kartu Pra Kerja yang dilakukan masing-masing karyawan. Untuk hasil Pra Kerja, kita belum dapatkan info dari teman-teman karyawan," ucap Deddy.

Klik halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2