Ibas Minta BUMN Transportasi Kreatif Cari Peluang di Tengah Corona

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 30 Apr 2020 17:38 WIB
Edhie Baskoro Yudhoyono
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Anggota Komisi VI DPR Edhie Baskoro Yudhoyono menyatakan bahwa operator transportasi pelat merah harus makin kreatif memanfaatkan peluang di tengah Corona. Salah satunya adalah melirik angkutan logistik.

Pasalnya, di tengah wabah Corona pembatasan sosial sangat gencar dilakukan, sehingga pergerakan orang pun makin jarang.

"Di tengah kondisi saat ini kita harus berfikir kreatif, how to survive. Karena peluang tidak terjadi dengan sendirinya, peluang ada dari kita yang menciptakan. BUMN transportasi harus menyusun skenario jika PSBB membuat pendapatan tidak efektif," jelas pria yang akrab disapa Ibas ini dalam keterangannya, Kamis (30/4/2020).

Untuk PT KAI misalnya, Ibas meminta agar perusahaan bisa fokus meningkatkan pendapatan dari angkutan kargo. Menurutnya, bisnis kargo dalam dunia perkeretaapian masih menjanjikan untuk KAI.

"KAI juga masih harus mencari peluang untuk kenaikan angkut kargo. Di saat ada peluang KAI menjadi sumber pengangkutan kargo, bisa saja melakukan peningkatan kenaikan harga tentunya untuk tempat-tempat tertentu atau barang-barang tertentu," ungkap Ibas.

"Fokus aja langsung kepada pengangkutan barang secara massal," tambahnya.

Dia juga meminta PT Pelni untuk berhenti melakukan angkutan penumpang dan mengalihkan perhatian untuk mengangkut muatan logistik. Hal ini juga dilakukan untuk mendukung ketersediaan barang nasional di seluruh pelosok Indonesia.

"Karena sudah menerapkan Permenhub No. 25 Tahun 2020, pengangkutan penumpang berhenti, fokus kepada muatan logistik. Kebijakan optimalisasi muatan logistik harus ditingkatkan demi menjaga ketersediaan barang nasional," kata Ibas.

"Pelni harus menjadi ujung tombak distribusi barang dari pulau ke pulau di seluruh Indonesia," ungkapnya.



Simak Video "Saat Ibas Banggakan Ekonomi RI Era SBY Meroket"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)