May Day 2020, Kemenaker Gelar Rapid Test Khusus Buruh

Soraya Novika - detikFinance
Jumat, 01 Mei 2020 17:30 WIB
Selama ini kita mengenal metode untuk menentukan warga terinfeksi virus corona melalui rapid test dan PCR, namun baru-baru ini WHO menyarankan agar tidak mendeteksi COVID-19 menggunakan rapid test.
Foto: Antara Foto
Jakarta -

Memperingati hari buruh internasional atau May Day, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) bersama dengan Rumah Sakit (RS) Siloam menggelar Rapid Test khusus untuk para pekerja dan buruh. Kedua belah pihak sepakat menggelar 1.000 Rapid Test di Gedung Serba Guna Kementerian Ketenagakerjaan.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk apresiasi pemerintah terhadap kerja keras buruh selama ini membantu membangun perekonomian negara sekaligus sebagai upaya menekan penyebaran COVID-19.

"Kami memberi kehormatan terhadap gerakan dan aksi kolektif pekerja dan buruh di seluruh dunia, terutama di Indonesia dalam membangun negara dan ekonomi nasional. Merekalah fondasi dasar bagi dinamika masyarakat yang membawa prestasi sosial dan ekonomi nasional. Kontribusi mereka terhadap kekuatan dan kemakmuran bangsa Indonesia harus kita semua hormati dan apresiasi," ujar Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah dalam keterangannya yang diterima, Jumat (1/5/2020).

Meski menggelar rapid test secara massal, akan tetapi proses pelaksanaannya dibagi-bagi menjadi empat gelombang dengan tetap mematuhi ketentuan dan protokol pencegahan COVID-19 yang berlaku.

Untuk diketahui, kerja sama 1.000 Rapid Test ini didahului dengan acara penandatanganan Memorandum of understanding (MOU) antara Kemenaker dan RS Siloam yang ditandatangani oleh Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah dengan Wakil Direktur Utama RS Siloam Caroline Riady dan disaksikan jajaran Kemenaker dan Siloam.

Atas kerja sama tersebut, Ida mengucapkan apresiasinya kepada pihak rumah sakit yang berkenan terlibat menggelar rapid test untuk para buruh.

"Saya juga apresiasi kerja sama dengan Siloam dalam memberikan Rapid Test kepada para pekerja dan buruh," ucap Ida.

Sementara itu, Caroline Riady juga turut mengucapkan selamat Hari Buruh kepada pekerja dan buruh. Dia juga menyampaikan apresiasi khusus bagi tenaga kesehatan yang merupakan garda terdepan melayani dengan keberanian saat pandemi COVID-19.

"Kami turut mengucapkan selamat Hari Buruh dan khususnya bagi pekerja dan buruh esensial dan di garis depan bidang kesehatan yang telah melayani dengan keberanian di situasi pandemi COVID-19. Kami senang bisa berpartisipasi dan ikut meringankan beban para pekerja dan buruh dengan menyatakan kepedulian kami," timpalnya.



Simak Video "Rapid Test Antigen Bisa Digunakan di RI Sesuai Rekomendasi WHO"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)