Curhat Warga di Jakarta, Bekasi hingga Tangerang: Susah Cari Gula!

Vadhia Lidyana - detikFinance
Senin, 04 Mei 2020 13:55 WIB
Harga Gula di Surabaya Naik
Foto: Esti Widiyana
Jakarta -

Pemerintah telah menyusun upaya pemenuhan stok gula dalam negeri dengan mengeluarkan kebijakan impor atas 988.000 ton gula, lalu pengalihan 250.000 ton gula rafinasi ke konsumsi, dan juga pengecekan stok-stok gula di produsen dalam negeri. Namun, hingga saat ini keberadaan stok gula masih sulit ditemukan masyarakat, khususnya di Jabodetabek.

Hal tersebut dialami beberapa warga, salah satunya Asti Fitriani (23) warga Condet, Jakarta Timur. Meski tinggal di Condet, ia sempat mencari gula ke sebuah supermarket di kawasan Slipi, Jakarta Pusat. Namun hasilnya nihil, ia tak memperoleh di supermarket tersebut.

"Kamis lalu saya ke Giant di Slipi, tapi nggak ada. Saya ke rak-rak gula kosong," ungkap Asti kepada detikcom, Senin (4/5/2020).

Kelangkaan stok gula ini juga dialami oleh Mohammad Bernie (23), warga Tangerang Selatan.

"Di sini sudah nihil gula, di Alfamart atau Indomaret nggak ada. Di warung kecil sih ada, tapi mahal. Minggu kemarin ini saya juga mencari gula ke Alfamart, tapi tetap saja nggak ada," ujar Bernie ketika dihubungi detikcom secara terpisah.

Sama dengan Bernie, Eti (50) yang juga warga Tangerang Selatan mengaku kewalahan mencari gula di ritel-ritel modern. Jumat, 1 Mei kemarin saya mencari ke Alfamart, Indomaret, sampai ke supermarket nggak ketemu gula itu. Akhirnya saya beli di warung dekat rumah, kalau di ritel mah susah," jelas Eti.

Selain tiga orang tersebut, Hanila Sulham (22) warga Kota Bekasi baru saja mencari gula di beberapa minimarket namun tak kunjung menemukannya.

"Saya mencari ke Alfamart, Indomaret, nggak ada juga. Baru pagi ini saya mencarinya, tetap nggak ada," ucap Hanila kepada detikcom melalui pesan singkat.
Terakhir, Emil (65) warga Jakarta Selatan juga merasakan hal serupa. Ia mengaku telah mencari gula di kawasan tersebut, baik di minimarket sampai supermarket, namun tak juga memperolehnya.

"Tadi sama anak saya mencari gula di Indomaret, Alfamart, sampai ke supermarket besar juga nggak ada. Di sekitaran Cilandak nggak ada semua. Saya sudah coba mencari 3 hari ini, cari terus-terusan tapi susah banget," pungkasnya.



Simak Video "Dear Pemerintah, Pembuat Gula Aren Purwakarta Minta Bantuan"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)