Prediksi Ekonomi RI Minus, Pengusaha: Cerminan Dunia Usaha

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 05 Mei 2020 16:18 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Pertumbuhan ekonomi nasional telah melambat, kini hanya mencapai 2,97%. Merebaknya Corona menjadi biang kerok anjloknya pertumbuhan ekonomi.

Kalangan pengusaha pun khawatir keadaan bisa makin buruk. Bahkan, Ketua Umum Kamar Dagang Industri (Kadin) Indonesia Rosan Roeslani memprediksikan pertumbuhan ekonomi bisa minus.

"Di Q2 bisa makin signifikan penurunannya. Bisa sampai minus malah kami dari Kadin melihatnya, minus 2-3%," kata Rosan kepada detikcom, Selasa (5/5/2020).


Rosan menjelaskan keadaan juga merupakan cerminan pelemahan dunia usaha terhadap perekonomian nasional yang ternyata lebih cepat dan besar karena terimbas Corona.

"Ini kan juga cerminan dunia usaha. Berarti pelemahan ini lebih cepat dan lebih besar dari yang diperkirakan, nah ini yang kami rasakan. Kita juga lihat recovery-nya nggak bisa cepat," ungkap Rosan.

Senada dengan Rosan, Ketua Umum DPD HIPPI (Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia) Provinsi DKI Jakarta Sarman Simanjorang mengatakan dirinya pun khawatir kalau pelemahan ekonomi ini akan makin dalam. Apalagi Corona tidak bisa dipastikan kapan selesainya.

"Kita sudah menduga bahwa itu (pelemahan ekonomi) akan terjadi saya rasa memang ke depannya juga akan turun lagi. Mau tidak mau pertumbuhan ekonomi akan makin turun kalau masih ada Corona," jelas Sarman.



Simak Video "Jokowi: Ngeri, Dari Waktu ke Waktu Prediksi Ekonomi Dunia Makin Buruk"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)