Grab & Gojek Diminta Bantu Driver Dapatkan Keringanan Cicilan

Soraya Novika - detikFinance
Rabu, 06 Mei 2020 17:08 WIB
Tarif baru batas bawah dan batas atas ojek online telah berlaku sejak Senin (2/9/2019). Tarif diatur berdasarkan zonasi.
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Pengemudi ojek dan taksi online menjadi salah satu lapisan masyarakat yang terdampak cukup parah oleh adanya pandemi COVID-19 ini. Berbagai kebijakan telah disiapkan pemerintah salah satunya terkait keringanan cicilan kendaraan.

Akan tetapi, sampai saat ini masih banyak driver yang mengeluh sebab kesulitan untuk memproses keringanan cicilan tersebut ke pihak leasing atau bank tempat mereka mendapatkan kredit kendaraannya. Merespons hal tersebut, Anggota Komisi VI DPR RI periode 2019-2024 dari Fraksi Gerindra Andre Rosiade menilai sudah saatnya pihak aplikator yang turun tangan membantu para drivernya mendapatkan keringanan cicilan tersebut.

"Kita tau banyak driver online khususnya pengemudi taksi online maupun ojol yang mengambil kredit atau leasing kendaraan dari perusahaan aplikator bahkan juga cicilan leasing sendiri. Saya meminta kepada Grab dan Gojek untuk benar-benar membantu bagaimana mitra-mitra bapak ibu sekalian agar mendapatkan keringanan cicilan," ujar Andre dalam rapat virtual dengan PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek) dan PT Solusi Transportasi Indonesia (Grab), Rabu (6/5/2020).

Bantuan para pihak aplikator ini penting menurutnya sebab dapat memuluskan proses negosiasi dengan pihak leasing tersebut.

"Kalau mengambil dari pihak ketiga saya meminta kalau bisa Grab dan Gojek membantu langsung komunikasi dengan pihak ketiga tersebut. Sehingga para mitra ini mempunyai kesempatan bernegosiasi dan kekuatan mereka lebih kuat," tutupnya.


Permintaan yang sama juga disampaikan oleh Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi Golkar Trifena M. Tinal dalam RDP tersebut.

"pengemudi mitra terdampak COVID-19 terkait biaya cicilan kendaraan kalau bisa sebagai perusahaan aplikator memback-up penuh," ucap Trifena.

Apa respons Gojek dan Grab. Klik halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Ojol Ngaspal Lagi, Belum Semua Penumpang Pakai Helm Sendiri"
[Gambas:Video 20detik]