KA Luar Biasa Beroperasi, Ada yang Cuma Angkut 1 Penumpang

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 13 Mei 2020 13:04 WIB
Penumpang membeli tiket Kereta Api Luar Biasa (KLB) jurusan Bandung - Surabaya Pasar Turi di Stasiun Bandung, Jawa Barat, Selasa (12/5/2020). PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengoperasikan enam perjalanan KLB pada 12-31 Mei 2020 dan masyarakat yang diperbolehkan menggunakan KLB hanya yang memenuhi syarat diantaranya pekerja di penanganan COVID-19, pertahanan, keamanan, kesehatan, kebutuhan dasar, fungsi ekonomi penting, perjalanan darurat pasien atau orang yang memiliki keluarga inti sakit keras atau meninggal dan repatriasi. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/foc.
Foto: ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
Jakarta -

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mengoperasikan Kereta Api Luar Biasa ke berbagai rute untuk perjalanan bukan mudik. Sejak kemarin, kereta luar biasa ini sudah beroperasi.

Di hari pertamanya beroperasi, Selasa 12 Mei 2020, kereta luar biasa KAI berhasil mengangkut total 62 penumpang pada 6 perjalanan yang tersedia. Bahkan uniknya, pada salah satu perjalanan kereta cuma mengangkut satu penumpang saja. Tepatnya pada perjalanan KLB KP/10497 Surabaya Pasarturi-Bandung.

VP Public Relations KAI Joni Martinus menegaskan, seluruh penumpang tersebut merupakan penumpang yang boleh melakukan perjalanan dalam Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nomor 4 Tahun 2020

"Meski okupansinya tidak tinggi, pengoperasian KLB ini KAI tujukan untuk melayani masyarakat yang memiliki kebutuhan mendesak dengan tetap menerapkan protokol pencegahan Covid-19 yang ketat," ujar Joni dalam keterangannya, dikutip Rabu (13/5/2020).

Secara rinci 62 penumpang yang diangkut kereta luar biasa paling banyak pada perjalanan KLB KP/10476 Gambir - Surabaya Pasarturi dengan total 27 penumpang, perjalanan KLB KP/10477 Surabaya Pasarturi - Gambir dengan total 12 penumpang, dan perjalanan KLB KP/10494 Bandung - Surabaya Pasarturi dengan total 11 penumpang.


Sementara itu, tiga perjalanan lainnya mengangkut di bawah 10 penumpang. Seperti perjalanan KLB KP/10502 Gambir - Surabaya Pasarturi yang hanya mengangkut 8 penumpang, dan perjalanan KLB KP/10507 Surabaya Pasarturi - Gambir mengangkut 3 penumpang.

Klik halaman selanjutnya.



Terakhir pada perjalanan KLB KP/10497 Surabaya Pasarturi - Bandung yang hanya mengangkut satu orang penumpang saja. Beberapa rute yang banyak diminati penumpang adalah Gambir - Surabaya Pasarturi, Gambir - Cirebon dan Gambir - Semarang Tawang.

Joni menjelaskan bahwa tiket yang telah terjual sampai 12 Mei pukul 17.30 mencapai 89 tiket. Terdapat 29 calon penumpang yang ditolak karena berkas yang diserahkan tidak lengkap.

Joni juga mengingatkan bahwa kereta luar biasa masih akan beroperasi hingga tanggal 31 Mei 2020. Bagi yang masyarakat dengan keadaan darurat yang butuh perjalanan kereta api Joni mengatakan bisa mendapatkan tiketnya H-7 keberangkatan di loket stasiun.

"Tiket dijual di loket stasiun keberangkatan penumpang. Pemesanan dan pembelian tiket dapat dilakukan mulai H-7 keberangkatan, oleh penumpang yang bersangkutan dan tidak dapat diwakilkan," ujar Joni.

Penumpang pun diwajibkan melengkapi berkas-berkas yang disyaratkan dalam SE Gugus Tugas Covid-19 No 4/2020 sebelum melakukan pembelian tiket.



Simak Video "Asyik Selfie di Rel, Wanita di Bandung Tertabrak Kereta"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)