Pemberhentian 3 Direktur TVRI Dikritik

Soraya Novika - detikFinance
Rabu, 13 Mei 2020 21:20 WIB
dirut tvri
Foto: Luthfy Syahban/Tim Infografis
Jakarta -

Setelah Dewan Pengawas (Dewas) LPP TVRI mendepak Direktur Utama Helmy yahya dari jabatannya Januari lalu, kini giliran 3 Direksi LPP TVRI lainnya yang bernasib serupa.

Tiga direksi TVRI yang dimaksud adalah Direktur Program dan Berita Apni Jaya Putra, Direktur Keuangan Isnan Rahmanto, dan Direktur Umum Tumpak Pasaribu.

Surat pemberhentian ketiga direksi itu diserahkan hari ini oleh Dewas yang ditandatangani oleh Ketua Dewas Arif Hidayat Tamrin.

Padahal sebelumnya DPR RI telah memperingatkan Dewas terkait hal tersebut. Peringatan dilayangkan anggota Komisi I DPR RI menyusul keluarnya surat pemberitahuan rencana pemberhentian (SPRP) kepada tiga direksi tersebut, namun hal itu tidak diindahkan Dewas TVRI.

Menanggapi hal ini anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Charles Honoris menyampaikan bahwa Komisi I DPR RI sudah mengeluarkan rekomendasi pemberhentian ketua Dewas sambil mengevaluasi kinerja anggota dewas lainnya.

"Dengan diterbitkannya surat pemecatan definitif terhadap tiga direksi TVRI non-aktif ini maka Dewas kembali melanggar kesimpulan rapat dengan Komisi I DPR RI yang meminta Dewas untuk mencabut SPRP terhadap tiga direksi non-aktif," kata Charles dalam keterangan tertulisnya yang diterima detikcom, Rabu (13/5/2020)

Menurut Charles dalam hal ini Dewas telah melanggar Undang-undang MD3 dan melecehkan DPR RI sebagai lembaga perwakilan rakyat.

"Tentu saja keputusan Dewas ini akan menjadi pertimbangan yang sangat serius bagi Komisi I DPR RI untuk melanjutkan evaluasi terhadap Dewas TVRI," sambungnya.

Ketua Komite Penyelamatan TVRI Agil Samal pun sepakat dengan keputusan tersebut. Menurutnya, Dewas memang sengaja berupaya menenggelamkan TVRI.

"Dengan pilihan melanjutkan memberhentikan tiga Direksi adalah upaya bumi hangus TVRI oleh Dewan Pengawas yang saat ini posisinya juga tengah diujung tanduk," kata Agil.

Dewas juga bersikukuh melanjutkan proses pemilihan Direktur Utama TVRI sebagai Dirut pengganti antar waktu pasca pemberhentian Helmy Yahya awal tahun ini.

Untuk diketahui, Helmy Yahya saat ini tengah menempuh jalur hukum melalui Pengadilan Tata Usaha Negara terkait proses pemberhentianya yang dinilai janggal dan sewenang-wenang oleh dewan pengawas LPP TVRI.



Simak Video "Iman Brotoseno, Dari Sutradara Kini Ganti Helmy Yahya Jadi Dirut TVRI"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)