Kepala Bappenas Bicara Tips Ekonomi Buat Milenial di Tengah Corona

Soraya Novika - detikFinance
Kamis, 14 Mei 2020 14:16 WIB
Pemerintah berencana menghimpun anak-anak Indonesia ke dalam satu wadah. Wadah itu bernama Manajemen Talenta Nasional (MTN).
Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa berbagi tips biar ekonomi tetap jalan di tengah pandemi virus Corona (COVID-19). Ekonomi harus tetap berjalan di tengah pandemi ini.

Berbicara soal ekonomi, tak lepas kaitannya dengan uang. Karena uang menjadi alat tukar yang sah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Bicara soal uang sebagai penggerak roda perekonomian, setiap orang termasuk milenial bisa berperan dalam menjalankannya. Lewat berjualan online di tengah pandemi misalnya, perputaran uang bisa terjadi.

"Misalnya, saya punya lima teman dan kelima orang itu, enam bersama saya masing-masing punya dagangan sendiri-sendiri," kata Suharso, Kamis (14/5/2020).

Perputaran uang bisa terjadi ketika masing-masing orang membelanjakannya untuk membeli produk. Uang yang diterima penjual kemudian berputar lagi untuk membeli produk lainnya.

"Uang yang didapat si A dibelanjakanlah untuk membeli si B. Begitu seterusnya sampai kemudian yang terakhir juga akan membeli makanan kepada saya senilai yang sama Rp 100.000," tuturnya.

Ia berpesan untuk bersama-sama membantu di tengah pandemi ini agar perputaran uang tetap terjadi dan ekonomi tetap berjalan.

"Uang berputar di antara kita bahkan juga membantu mereka-mereka yang menjual bahan-bahan baku kepada kita," tambahnya.

Ia mencontohkan, ketika orang menjual roti atau kue, maka membutuhkan bahan-bahan yang dibeli di pasar. Selanjutnya, penjual roti tersebut juga mendapatkan uang ketika produknya dibeli orang lain.

"Sebenarnya ini rahasia dari perputaran uang yang di antara kita dan menyejahterakan kita semua," ujarnya.



Simak Video "Pengangguran di RI Bertambah 3,7 Juta Orang "
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)