Penumpang Berjubel di Soetta, Ini Respons Lion Air Group

Trio Hamdani - detikFinance
Kamis, 14 Mei 2020 15:51 WIB
Pesawat Airbus 320-200 Neo Batik Air
Foto: Dok. Batik Air
Jakarta -

Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) dipadati calon penumpang pascapenerbangan dibuka kembali. Mereka saling berhimpitan seolah tak mengindahkan jaga jarak fisik (physical distancing). Maskapai Lion Air Group pun buka suara mengenai kejadian tersebut.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro memastikan pihaknya menerapkan semua standar operasional penerbangan termasuk hal-hal yang mendukung pelaksanaan pencegahan penyebaran COVID-19.

"Tujuan pelaksanaan penerbangan Batik Air dapat berjalan yang memenuhi aspek keamanan, keselamatan perjalanan udara (safety first), tetap melakukan protokol kesehatan serta dalam upaya agar tidak menyebabkan penyebaran COVID-19," kata dia dalam keterangan tertulis, Kamis (14/5/2020).


Pihaknya pun memberi klarifikasi terkait perkembangan informasi mengenai jumlah tamu yang diterbangkan pada hari ini dari Bandara Soetta. Secara data akurat dia menjelaskan rata-rata kurang dari atau mencapai 50%.

"Untuk jumlah tamu yang diterbangkan pada penerbangan tertentu (lebih dari 50%), disebabkan atas situasi perubahan periode perjalanan (reschedule) dari beberapa tamu atau penumpang dikarenakan kebutuhan mendesak serta perjalanan grup dari keluarga atau rombongan (group booking) yang menginginkan dalam satu penerbangan dengan duduk berdekatan (satu baris)," jelasnya.

Dia menegaskan semua tamu atau penumpang dalam penerbangan telah memenuhi, mengikuti, dan menunjukkan kelengkapan dokumen perjalanan sebagaimana diberlakukan, tiket, identitas diri, surat keterangan bebas COVID-19 dan surat keterangan sehat, surat keterangan perjalanan dan dokumen lain.

"Selain itu, seluruh tamu atau penumpang menggunakan masker sesuai aturan protokol kesehatan," sebutnya.

Klik halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "H-1 Idul Adha, Penumpang di Bandara Soetta Meningkat"
[Gambas:Video 20detik]